Napak Tilas 12 Tahun Perjalanan Karir Cristiano Ronaldo

 1985
5 Februari - Ronaldo lahir pada  di Funchal, salah satu daerah yang terletak di kepulauan Madeira di Portugal.

 2002
 Ronaldo membuat debutnya bersama Sporting Lisbon di liga Super Portugal. Saat itu ia baru berusia 17 tahun. Sebelumnya, ia juga sudah sempat membela tim nasional Portugal usai muda. 

 2003
8 Agustus -  Sang pemain menyelesaikan proses transfer dengan Manchester United. Ia dibeli oleh Sir Alex Ferguson dengan bandrol tak kurang dari 12, 24 juta poundsterling dan langsung mendapatkan nomor punggung legendaris, tujuh.

Nomor penting itu lowong setelah David Beckham memutuskan untuk meninggalkan Real Madrid. Ronaldo kemudian memulai debutnya delapan hari kemudian di laga pembuka Premier League melawan Bolton di Old Trafford, yang akhirnya dimenangkan oleh MU dengan skor 4-0.

1 November - Ronaldo mencetak gol pertamanya untuk Manchester United. Saat itu tim menang dengan skor 3-0 atas Portsmouth di kandang sendiri. 
2004
22 Mei -  Ronaldo membantu United untuk memenangkan Piala FA dengan mengalahkan Milwall di partai final 3-0.
24 Juni - Ronaldo mencetak gol di babak adu penalti untuk menyingkirkan Inggris dari Euro 2004.  Portugal akhirnya masuk ke babak final, meski kemudian kalah 0-1 dari Yunani. 

2005
19 Oktober - Ronaldo sempat ditangkap dan diinterogasi oleh pihak kepolisian atas tuduhan pemerkosaan di sebuah hotel di London. Namun Ronaldo kemudian dinyatakan tak bersalah atau dijatuhi hukuman apapun.

18 November - Ronaldo menyepakati perpanjangan kontrak selama dua tahun dengan Manchester United, yang membuatnya tetap berada di Old Trafford hingga tahun 2010. 
2006
1 Juli - Ronaldo melakukan protes pada wasit Horacio Elizondo setelah rekan setimnya di United, Wayne Rooney, bertabrakan dengan pemain Portugal, Ricardo Carvalho di perempat final Piala Dunia antara Portugal dan Inggris. Rooney kemudian diusir keluar lapangan dan rekaman televisi menangkap gambar Ronaldo sedang mengedipkan matanya ke arah bangku cadangan. Ia kemudian mencetak penalti penentu di babak adu penalti yang sekaligus menyingkirkan Inggris. 
2007
13 April - Ronaldo menyepakati kontrak lima tahun dengan Manchester United. Ia kemudian mengakhiri musim yang bersangkutan dengan mendapatkan penghargaan PFA Player dan Young Player of The Year.. Ia juga dinobatkan sebagai Footballer of The Year oleh Football Writer Association. Di tahun yang sama, Manchester United juga memenangkan titel Premier League.
2008
27 April - Ronaldo mendapatkan penghargaan sebagai PFA Player of Year untuk kedua kalinya secara beruntun.

21 Mei - Mencetak gol di final Liga Champions melawan Chelsea di Moscow. Laga kemudian berlanjut dengan adu penalti. Meski Ronaldo gagal melaksanakan tugasnya, United kemudian menjadi juara. Ia juga mengakhiri musim ini dengan mencetak 42 gol.

15 November - Mencetak gol ke-100 untuk Manchester United kala melawan Stoke. Di pertandingan tersebut Ronaldo membuat brace.

2 Desember - Ronaldo memenangkan penghargaan Ballon d'Or dengan mengalahkan Lionel Messi di tempat kedua dan Fernando Torres sebagai peringkat ketiga.  
2009 
12 Januari - Dinobatkan sebagai FIFA World Player of the Year dalam sebuah gala yang diadakan di Zurich.

16 Mei - Membantu United untuk memenangkan gelar juara Premier League dengan menahan imbang Arsenal 0-0. Namun ia tak kuasa menahan laju Barcelona di babak final Liga Champions yang diadakan di Roma, 11 hari kemudian.

11 Juni - United menerima tawaran yang memecahkan rekor dunia senilai 80 juta poundsterling dari Real Madrid. Ronaldo kemudian pindah ke Spanyol dengan kontrak berdurasi enam tahun.

29 Agustus - Mencetak gol pertamanya di La Liga untuk Real Madrid tepat di debutnya di Santiago Bernabeu melawan Deportivo.

1 Desember - Berada di peringkat dua dalam voting untuk pemenang Ballon d'Or. Ronaldo kalah dari pesaing terberatnya, Lionel Messi.

21 Desember - Kembali finish di peringkat dua dan lagi-lagi kalah dari Messi. Namun kali ini Ronaldo mengakui keunggulan rivalnya asal Argentina itu di ajang FIFA World Player of The Year. Messi mencetak rekor jumlah poin saat itu. 
2010
5 Mei - mencetak hat-trick pertamanya untuk Madrid saat melawan Real Mallorca. Tahun itu Ronaldo menyelesaikan musim dengan mencetak 33 gol.  
2011
20 April - Ronaldo mencetak gol di menit ke-103 untuk membawa Real Madrid menjadi juara Copa Del Rey dengan mengalahkan Barcelona di partai final. Musim itu Ronaldo membukukan 54 gol dan 41 di antaranya terjadi di liga. Ia menjadi manusia pertama di La Liga yang bisa mencetak 40 gol dalam satu musim. 

2012
9 Januari - Kalah dari Messi di Ballon d'Or. Ronaldo hanya finish di urutan kedua.

13 Mei - Golnya melawan Mallorca membuat Ronaldo menjadi pemain pertama yang pernah mencetak gol ke gawang dari semua tim divisi Primera dalam satu musim. Ia kemudian menyelesaikan musim ini dengan mencetak 60 gol. 46 di antaranya terjadi di liga dan Real Madrid memenangkan gelar juara dengan raihan 100 poin.

21 Juni - Mencetak gol yang meloloskan Portugal ke babak semifinal Euro 2012. Selecao kemudian kalah dari Spanyol, negara yang akhirnya menjadi juara di turnamen empat tahunan tersebut.

29 Agustus - Ronaldo mengoleksi trofi ketiganya bersama Real Madrid saat mereka memenangkan Piala Super Spanyol



2013
 
7 Januari - Lagi-lagi kalah dari Messi di Ballon d'Or
 
8 Mei - Mencetak gol ke-200 untuk Real Madrid melawan Malaga hanya dalam 197 pertandingan untuk klub dan mengakhiri musim dengan 55 gol. 12 di antaranya terjadi di Liga Champions dan membuatnya menjadi top skorer kompetisi tertinggi antar klub benua biru tersebut.
 
15 September - Menandatangani kontrak dengan Real Madrid yang membuatnya berada di klub hingga tahun 2018.
 
25 Oktober - Presiden FIFA, Sepp Blatter memberikan pidato di Oxford dan ia kemudian melontarkan lelucon tentang Ronaldo. Hal ini membuat presiden Florentino Perez marah dan mengirimkan surat resmi pada FIFA. Tak lama kemudian, Blatter mengeluarkan pernyataan maaf.
 
19 November - Mencetak hat-trick untuk Portugal sehingga mereka bisa mengalahkan Swedia 3-2 di babak play-off Piala Dunia (menang agregat 4-2) dan akhirnya masuk ke putaran final Piala Dunia. Ronaldo pula-lah yang mencetak satu-satunya gol di leg pertama dan membuatnya selevel dengan Pauleta untuk menjadi top skorer sepanjang masa Portugal. 


2014
6 Januari - Mencetak dua gol ke gawang Celta Vigo untuk menggenapkan raihan golnya menjadi 400 di sepanjang karirnya.
 
13 Januari - Memenangkan Ballon d'Or dengan mengalahkan Messi di peringkat dua dan Franck Ribery di peringkat ketiga.  




0 komentar:

Poskan Komentar

Starcraft Pointer
 
Web Design by : Givo-Alfajri ..!! ®