Please wait.. Please wait.. Please wait.. Please wait.. Please wait.. >

Rumah Terapung Di Masa Depan

0 komentar


Arsitek dari Belgia, Vincent Callebaut, mengajukan terobossan baru dalam menghadapi masalah perubahan ik lim dan kepadatan, solusinya dinamai: Daun Bunga Lili.

Daun Bunga Lili ini digambarkan sebagai: prototipe kota amfibi yang mampu menghidupi diri sendiri, dengan masing2 daun mampu menampung 50.000 orang.
Di tengah Daun ini ada sebuah danau yang menampung dan menjernihkan air hujan. Kita terapung ini tidak membutuhkan jalan dan akan mengapung dan “terhanyut” ke seluruh dunia akibat pergerakan arus laut.
Desain dari Daun ini di memuat 3 marina dan 3 gunung yang dikhusukan bagi bisnis dan hiburan. Kota ini unik, karena kota ini merupakan kota amfibi, setengah kota air, setengah lagi kota darat.
Kota ini mendapat sumber daya dari matahari, angin dan arus laut, yang akan memproduksi lebih banyak energi daripada energi yang dikonsumsinya, dan akan menjadi kota yang ber-”emisi nol” karena semua karbon dan lim bah akan di daur ulang.
Harapan yang ada adalah pada tahun 2100, akan ada 250 juta orang yang melarikan diri dari perubahan cuaca, yang disebut “C lim actic refugee”, karena air laut akan menghancurkan kota2 seperti New York, Shanghai dan Bombai.
Vincent percaya, bahwa produknya ini adalah solusi jangka panjang untuk menghadapi naiknya air laut, dan bukannya memperkuat garis pantai, karena solusi garis pantai ini hanyalah solusi jangka pendek.
Desain dari Daun ini diinspirasikan oleh daun Amazonia Victoria Regia yang memiliki tulang daun yang sangat rapat.
Tujuan Vincent adalah untuk menciptakan “hubungan harmonis antara manusia dan alam”.




Berapa Dayakah Otak Manusia Perlu Untuk Beroperasi???

0 komentar

Simulasi otak dengan chip tradisional diperlukan megawatt praktis kekuasaan. Salah satu ilmuwan memiliki alternatifMenurut Kwabena Boahen, seorang ilmuwan komputer di Stanford University, sebuah robot dengan prosesor secerdas otak manusia akan membutuhkan setidaknya 10 megawatt untuk beroperasi. Itu adalah jumlah energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga air kecil. Namun sekelompok kecil ilmuwan komputer mungkin telah memukul pada sebuah superkomputer saraf baru yang suatu hari nanti bisa meniru kebutuhan energi rendah otak manusia hanya 20 watt - hampir tidak cukup untuk menjalankan sebuah bola lampu redup.
Temukan Magazine memiliki kisah tentang bagaimana komputer Neurogrid benar-benar bisa merombak pendekatan tradisional untuk komputer. Ini perdagangan presisi ekstrim transistor digital untuk kekacauan otak dari banyak neuron menembak, dengan misfires 30 persen menjadi 90 persen dari waktu. Namun otak bekerja dengan sistem berantakan dengan mengandalkan kerumunan neuron berteriak lebih suara dan sinyal misfires bersaing.Itu kemauan untuk menyerah presisi untuk kekacauan bisa mengarah ke era baru komputasi kreatif yang mensimulasikan pola tak terduga aktivitas otak. Hal ini juga bisa mewakili era jauh lebih hemat energi - yang Neurogrid cocok di tas kerja dan berjalan pada apa jumlah ke beberapa baterai D, atau kurang dari watt. Daripada transistor, menggunakan kapasitor yang mendapatkan tegangan yang sama neuron.
Boahen sejauh ini berhasil memeras satu juta neuron ke superkomputer barunya, dibandingkan dengan hanya 45.000 neuron silikon pada mesin saraf sebelumnya. Sebuah Neurogrid generasi mungkin host sebanyak 64 juta neuron silikon pada tahun 2011, atau sekitar otak mouse.
Jenis baru dari superkomputer tidak akan menggantikan perhitungan yang tepat dari mesin saat ini. Tetapi efisiensi energi dapat memberikan terobosan yang diperlukan untuk terus menegakkan Hukum Moore, yang menunjukkan bahwa jumlah transistor pada sebuah chip silikon dapat menggandakan tentang setiap dua tahun. Mungkin sama-sama menarik, kekacauan kreatif dari sebuah sistem superkomputer kacau akhirnya dapat meletakkan dasar untuk kekuatan pemrosesan yang diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan buatan untuk tingkat manusia


SUMBER

Museum Kerang Pertama di Indonesia

0 komentar

Bali tak hanya mumpuni di bidang kepariwisataan yang menonjolkan aspek kesenangan dan keramaian massa, namun juga cukup memerhatikan aspek wisata pendidikan. Contohnya saja ialah keberadaan Museum Shell yang dikenal sebagai museum kerang pertama yang ada di Indonesia. Museum ini selain menjadi objek wisata budaya juga memenuhi aspek pendidikan sehingga sangat pas jika dikunjungi oleh Anda dan buah hati.

Musem Shell menyimpan koleksi lebih kurang sekitar 10 ribu aneka kerang dan fosil yang berasal dari berbagai negara yang usianya sudah purba antara 100 – 150 juta tahun. Bisa Anda bayangkan betapa lengkap dan sarat nilai sejarah dari museum yang terdiri dari tiga lantai ini. Berbagai benda-benda purba yang tersimpan didalamnya secara konsisten dan telaten diurus dan dijaga sebaik-baiknya sehingga meskipun umurnya sudah sangat tua namun masih terlihat seperti bentuk aslinya ketika masih hidup.


Beberapa koleksi benda yang ada disini, di lantai dua misalnya, ada fosil kerang yang bentuknya mirip dengan cumi-cumi yang diperkiarakan umurnya sudah hampir 400 juta tahun. Selain itu, ada juga fosil kerang mirip tumbuhan bunga yang disebut dengan Crinoid yan gumurnya tak kurang dari 440 juta tahun, serta Crinions yang merupakan fosil yang terbesar di Asia.


Lantai tiga museum ini menyimpan koleksi yang tak kalah uniknya seperti Cypraea Moneta, yang konon dimasa dulu kerang jenis ini pernah dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah. Beberapa fasilitas yang ada di museum ini seperti home theater yang berisi mengenai proses pencarian dan penemuan fosil-fosil yang ada di tempat ini. Jadi selain bisa melihat bentuk dan wujud benda-benda purba itu, Anda juga berkesempatan untuk melihat dibalik kesusahan prosesi penemuan dan pencarian kerang-kerang ini, dulu.


Lokasi


Museum Shell berada di Jalan Sunset Road, Kuta Bali –Indonesia. Jaraknya hanya sekitar 10 km-an dari Kota Denpasar yang bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 15 menit.


 

Kembangkan Xbox, Microsoft Boyong Eksekutif Sony

0 komentar

(ITEK - Games) Memperkaya fitur di Xbox, tim software Microsoft memboyong mantan eksekutif Sony ke divisi pengembangan perangkat gamenya. Sebelumnya, Microsoft kehilangan Peter Molyneux yang menjadi andalan mereka di industri game.

Adalah Phil Harrison, mantan eksekutif Sony yang kini dipilih Microsoft bergabung di divisi Interactive Entertainment Business (IEB). Di sini, Harrison ditunjuk sebagai Vice President dan mengepalai studio Lionhead.

Dilansir The Inquirer, Selasa (20/3/2012), Harrison memiliki fokus di wilayah Eropa dan akan memimpin organisasi Microsoft Studios European secara langsung sambil bertugas meningkatkan jumlah kemitraan bisnis strategis bagi Microsoft.

"Saya sangat gembira bergabung dengan tim senior di Microsoft pada waktu yang sangat penting bagi industri kami," ujarnya.

Harrison mengaku terkesan dengan visi jangka panjang Microsoft di pasar hiburan interaktif yang tengah berkembang secara global. Sejak lama, Harrison juga mengagumi kekayaan bakat, dan sumber teknologi di Microsoft.

Sebelum bergabung dengan Microsoft, Harrison adalah Vice President Sony Computer Entertainment wilayah Eropa. Dia juga pernah bekerja di Atari, perusahaan legendaris yang dikenal dengan produk video game dan consumer elektronik.


(Lingga/LW/ITEK/dtc)

Teleskop Ruang Angkasa Hubble

0 komentar


Pada tahun 1962, Akademi Sains Nasional Amerika merekomendasikan untuk membangun sebuh teleskop angkasa raksasa. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1977, kongres mulai menugumpulkan dana untuk proyek tersebut. Pada tahun yang sama pula, pembuatan teleskop angkasa Hubble segera dimulai.

Konstruksi teleskop Hubble, berhasil diselesaikan pada tahun 1985. Hubble di'angkasakan' untuk pertamakalinya pada tanggal 25 April 1990. Padahal, Hubble direncanakan untuk mulai dioperasikan pada tahun 1986. Tetapi, pengoperasiannya ditunda sementara karena bencana Pesawat Angkasa Challenger.


Keterangan gambar (klik dua kali untuk memperbesar)
  1. High-gain antenna
  2. Aperture door
  3. Light shield
  4. Secondary mirror
  5. Primary mirror
  6. Equipment section
  7. Fine-guidance optical control sensors [3]
  8. Aft shroud
  9. Scientific modules
  10. Double roll-out ar
Beberapa tahun setelah dioperasikan, Hubble mengirim gambar yang buram dan tidak jelas. Pada akhirnya NASA menemukan bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia! Pada bulan Desember 1993, Pesawat Ulang-Alik Endeavor, dikirim untuk memodifikasi Hubble dengan menambahkan kamera baru untuk memperbaiki kesalahan pada lensa primernya.

UkuranTeleskop: Ketebalan mencapai 13.1 meter (43.5 kaki), berdiameter 4.27 meter (14.0 kaki) dan memiliki berat 11,000 kilogram. Ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah. Juga, perhatikanlah tabung oranye yang ada pada teleskop. Ini adalah sumber tenaga Hubble. Lensa: Lensa primer teleskop Hubble, berdiameter 2.4 m (8 kaki), dan beratnya mencapai 826 kilogram. Lensa ini terbuat dari kaca silika yang dilapisi oleh lapisan tipis aluminum murni untuk merefleksikan cahaya. Selain lapisan aluminum, lensanya juga memiliki lapisan magnesium fluorida yang berguna untuk mencegah oksidasi dan sinar ultraviolet (UV) dari matahari agar lensa tidak cepat rusak.

Cara kerja teleskop ruang angkasa hubble
Pertama-tama, Hubble menangkap gambar, setelah diterima oleh teleskop, gambar tersebut akan diubah manjadi kode digital dan diradiasikan ke bumi dengan menggunakan antena yang mamiliki kemampuan mengirimkan data 1 juta bit per detik. Setelah kode digital diterima oleh stasiun di bumi, kode itu akan diubah menjadi foto dan spektrograf (sebuah instrumen yang digunakan untuk mencatat spektrum astronomikal).

Teleskop ini dapat berjalan 5 mil per detik. Hubble dapat berkeliling lebih dari 150 juta mil per tahun (± 241 juta kilometer)!

Pengendalian teleskop ruang angkasa hubble, sejak pertama kali dioperasikan dikendalikan dari Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Md.

Hubble sangat banyak membantu para ilmuwan dalam mempelajari, mengobservasi dan memahami tentang jagad raya, objek luar angkasa (lubang hitam/black hole, galaksi, bintang), dll. Hubble adalah teleskop angkasa yang berhasil menemukan Xena, planet ke-10 beserta Gabrielle, satelitnya.

Selain itu, Hubble juga bayak mengirimkan gambar-gambar yang menakjubkan tentang kejadian-kejadian di luar angkasa seperti; supernova, lahirnya bintang, tabrakan bintang, dll. Gambar sebuah galaksi raksasa tidak dikumpulkan dalam sehari saja. Galaksi Messier 101 (M-101) adalah salah satunya.

Gambar galaksi ini merupakan gambar terbesar dan ter-detail dari sebuah galaksi spiral yang pernah dihasilkan oleh Hubble. Gambar galaksi ini terdiri dari 51 bagian. Pada misi kedua di bulan Februari 1997, astronot mengganti sebagian instrumen Hubble dan juga menambahkan selimut baru untuk menjaga Hubble agar tetap hangat. Advance Camera, dipasang pada tahun 2001. Kamera ini dapat mempertajam gambar dan memperlebar sudut pandang kamera.
 
Setelah itu, Wide Field Camera 3, dan Cosmic Origins Spectrograph dipasang pada tahun 2003. Dua misi Hubble yang terakhir adalah pada tahun 2001 dan 2003. Hubble seharunya akan di non-aktifkan pada akhir tahun 2005. Tetapi, pada bulan Oktober 1997, NASA memutuskan untuk memperpanjang pengoperasian Hubble dari tahun 2005 ke 2010. Hubble akan digantikan oleh teleskop James Webb.

Ditemukan Bilangan Prima Terbesar Sampai Saat Ini Yaitu 13 Juta Digit

0 komentar

Masih ingat definisi bilangan prima yang mulai diperkenalkan sejak di tingkat sekolah dasar? Ya bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor pembagi, 1 dan bilangan itu sendiri. Seperti, 2, 3, 5, dan seterusnya.

Baru-baru ini, pecinta matematika di Universitas California di Los Angeles (UCLA), berhasil mengungkapkan bilangan prima terbesar yang berhasil dihitung sejauh ini. Tentu sulit untuk menyebutkan maupun menuliskannya karena bilangan tersebut terdiri dari 13 juta digit atau angka.

Untuk menghitungnya tidak mudah karena yang harus dicari adalah bilangan prima Mersenne yang pertama kali diperkenalkan matamatikawan Perancis Marin Mersenne pada abad ke-17. Bilangan tersebut didefiniskan sebagai hasil dari 2pangkat P dikurangi 1 dengan P yang juga bilangan prima.

Bilangan yang ditemukan itu dengan nilai P sebesar 43.112.609. Angka yang baru ditemukan merupakan bilangan prima Mersenne ke-46. Tim UCLA sudah menemukan delapan bilangan prima Mersenne dengan jutaan digit.

Untuk menghitungnya digunakan jaringan 75 komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Bilangan tersebut telah diverifikasi sebagai bilangan prima dengan algoritma berbeda.

“Kami sangat senang. Sekarang kami sedang berusaha mencari bilangan berikutnya, meski aneh,” ujar Edson Smith, ketua tim dari UCLA. Upaya timnya mencari bilangan prima terbesar tak sia-sia karena keberhasilannya diganjar 100.000 dollar AS oleh Electronic Frontier Foundation yang menjadikannya sebagai kompetisi Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

Ribuan orang di sleuruh dunia telah berpartisipasi dalam ajang tersebut. Lomba tersebut mengajakan para pecinta matematika di seluruh dunia menggunakan kekuatan komputer untuk menghitung bilangan prima Mersenne yang minimal terdiri dari 10 juta digit.

Robot Untuk Masa Depan

0 komentar

Robot yang merupakan impian dari manusia di masa lalu kini sudah bukan khayalan lagi. Dengan mengadopsi teknik-teknik yang digunakan oleh makhluk hidup dan menggabungkannya dengan IPTEK yang berkembang saat ini (kata kunci : prototype), manusia sudah mampu membuat robot. Walaupun robot yang diciptakan tidak sesempurna yang diimpikan, seperti robot yang mampu bertindak sesuai pikirannya sendiri, cyborg (robot yang terbuat dari mayat manusia), semua robot yang ada masih menuruti perintah "tuannya", layaknya seekor anjing yang sudah dilatih.

Sebenarnya robot pada awalnya bukan merupakan sebuah disiplin ilmu, melainkan berasal dari keinginan para ilmuwan Biologi dan pengarang cerita novel maupun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII. Para ilmuwan Biologi saat itu menginginkan untuk membuat sebuah makhluk hidup baru dengan karakteristik yang mereka inginkan. Akan tetapi hal tersebut tidak pernah terwujud dan hanya menjadi sebuah cerita fiksi yang berkembang saat itu.

Berterima kasihlah kepada Karel Capek yang mengangkat tema Robot ini di dalam sandiwaranya pada yahun 1920. Istilah Robot diambil dari bahasa Cekoslovakia yang berarti tenaga kerja. Dalam sandiwaranya Karel menceritakan tentang penciptaan manusia tiruan yang dijual kepada negara-negara yang sedang berperang. Dengan ganas mereka membantai pasukan musuh dan pada akhir cerita Robot ingin menguasai dunia dan berhasil membunuh semua umat manusia yang ada (cerita ini menjadi dasar bagi cerita Terminator). Selanjutnya sebutlah Isaac Asimov, seorang berkebangsaan Rusia yang mengarang cerita berjudul I,Robot (Runaround, 1942). Didalam cerita itu Isaac menuliskan tiga buah peraturan yang wajib dilaksanakan oleh setiap robot-robot positroniknya. Tiga buah peraturan itu adalah Robot tidak boleh melukain manusia atau membiarkan manusia celaka, Robot harus mematuhi perintah manusia kecuali yang bertentangan dengan peraturan pertama, dan Robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut robot tidak melanggar peraturan pertama dan kedua. Hukum-hukum itu dibuat dengan harapan tidak terjadi hal seperti yang disandiwarakan oleh Karel.

Sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh para insinyur teknik. Pada saat itu mereka hanya menggunakan keahlian mekanika saja dan membuat sebuah jam mekanika dengan membuat sebuah boneka mirip manusia yang bisa bergerak di bagian tubuhnya. Robot-robot cerdas mulai berkembang pada tahun 1950 dan pada tahun 1970 di Jepang mulai dilakukan disiplin ilmu mekanotrika (penggabungan mekanik dan elektronika) dalam pembuatan robot. Di Eropa ilmu terebut baru ada pada tahun 1980.

Lalu apakah robot tidak bisaseperti yang diharapkan? yaitu dapat berpikir dan melakukan pekerjaannya sendiri? Tidak juga! Kevin Warwick, guru besar Bidang Cybertic dari Inggris membuat proyek besar-besaran yang dimulai pada 1 Januari 2007 membuat robot pertama yang menggunakan otak biologis, sangat mirip dengan makhluk hidup. Robot yang dinamakan Gordon ini diharapkan mampu untuk mengerjakan segala sesuatu seperti yang dilakukan makhluk hidup lainnya dan sesuai dengan keinginan hatinya. Selain itu, dia juga diharapkan bisa mengingat apa yang diberikan oleh orang lain karena Grdon menggunakan otak biologis.

Perkembangan persaingan Robot sangat pesat terjadi pada tahun 2008. Dimana berbagai kompetisi Robot diadakan termasuk di Indonesia. Sementara di luar telah terjadi banyak sekali perubahan pada kompetis robot ini. di Jepang, sebagai negara Robot, membuat banyak sekali proyek yang bertemakan robot. contohnya saja Universitas Kitakyushu membuat robot yang mirip sekali dengan ikan dan dapat berenang juga di permukaan air. Benar-benar mirip ikan. Perusahaan game besar Sony membuat robot anjing yang benar-benar menyerupai anjing sungguhan. Perusahaan Honda juga membuat berbagai perubahan terhadap Ashimo nya, bahkan di tahun 2008 itu Ashimo memimpin sebuah pertunjukan orkestra. Bahkan di Belanda telah terjadi revolusi besar-besaran, yaitu adanya robot manusia yang teknik berjalannya tidak kaku lagi seperti robot yang lain, melainkan benar-benar seperti manusia.

Robot juga digunakan untuk keperluan-keperluan yang sangat membantu manusia. Di Jepang, robot digunakan sebagai pembantu rumah tangga, sekretaris kantor, bahkan ada juga sebuah rental penyimpanan sepeda yang menggunakan robot. Di New Zealand ada robot yang ngeband, dan bahkan sudah mengeluarkan single perdananya.

Mungkin tahun ini, atau 10 tahun mendatang telah dibuat robot yang benar-benar sangat canggih sekali. Mungkin impian fujiko fujio dapat tercapai pada abad 22 yaitu adanya Doraemon di dunia ini, semua itu sangat mungkin terjadi. Dan kita sebagai penerus IPTEK ini juga jangan melupakan tiga peraturan robot yang dibuat oleh Isaac Asimov sehingga ketika robot sudah sangat canggih dan tidak perlu instruksi khusus untuk melakukan kegiatan, mereka tidak akan menghancurkan umat manusia.

10 IPTEK Terbesar Masa Depan Yang Mengagumkan

0 komentar

Sesuai ramalan terkini dari majalah Inggris New Scientist, 10 produk iptek besar terkini diharapkan di dalam 30 tahun ke depan, dari ruang laboratorium melangkahkan kakinya ke rumah Anda, menjadi produk umum seperti halnya handphone (HP).
Ke-10 iptek besar tersebut termasuk alat pendeteksi tembus dinding, mantel penyirna tubuh ala Harry Potter, peralatan panjat dinding ala spiderman yang membuat orang mampu memanjat dinding, pesawat terbang pribadi super, pesawat antariksa pribadi dan TV yang dapat menebarkan aroma dan lain-lain.
Ada yang berpendapat ramalan tersebut terlalu muluk-muluk, betul-betul sulit dipercaya. Namun coba kita kilas balik ke-30 tahun yang lampau, pada 1979 tatkala perusahaan Jepang, NET berhasil mengembangkan HP internet pertamanya di seluruh dunia, banyak orang masih mengira berjalan sambil berbicara di telepon adalah hal yang mustahil, tetapi bagi manusia zaman sekarang HP telah menjadi barang bawaan yang harus ada. Seiring dengan perkembangan iptek, siapa bilang impian tersebut tak dapat menjadi kenyataan?
Harian Daily Mail Inggris dengan rinci menjelaskan “10 produk iptek besar masa depan” sebagai berikut:

1. Dinamo dari tubuh manusia
Nyaris setiap orang zaman sekarang memiliki HP, iPod dan alat elektronik lainnya, akan tetapi berbicara dengan HP dan mendengarkan iPod agak lama sedikit begitu baterai habis padahal kita sedang di luar, tentu tak dapat mengisi ulang, lantas bagaimana?
Andaikan saja dari pergerakan tubuh manusia bisa setiap saat di-pergunakan untuk pembangkit listrik, betapa bagusnya hal itu!
Kini ilmuwan di laboratorium sudah merealisir harapan tersebut. Wang Zhonglin seorang ilmuwan keturunan Tionghoa dari Politeknik Georgia, AS, menggunakan teknik Nano dan Piezoelectrik effect guna membangkitkan listrik. Dia berhasil membuat semacam pakaian serat fiber berdinamo dari bahan campuran serat logam super halus. Setiap kali fiber ditekan atau ditekuk, bisa menghasilkan aliran listrik. Yang disebut dengan Piezoelectrik effect adalah ketika materi tertentu tatkala menerima tekanan bisa menghasilkan listrik.
Wang Zhonglin menggunakan benang nano yang dibuat dari Zinc Oxyd (seng oksida) dibungkus dengan seuntai serat tenun. Sewaktu orang mengenakan pakaian semacam ini, asalkan terhembus angin atau gerak sedikit saja sudah cukup membuat pakaian tersebut menghasilkan Listrik.
Dewasa ini teknik tersebut masih dalam tahapan percobaan di laboratorium, menanti sesudah teknik semakin matang, maka orang-orang bisa setiap saat mencharge Hp ataupun iPodnya.

2. Alat pengintai tembus dinding
Di dalam dongeng dewa atau manusia super pasti memiliki daya pandang tembus, bisa melihat benda di balik dinding, melihat suasana di belakang dinding. Tetapi kini para ilmuwan menggunakan gelombang radio dan telah merealisir impian ini.
Perusahaan konsultan iptek Cambridge – Inggris menggunakan gelombang radio yang memiliki keistimewaan bisa menembus benda padat, telah menciptakan sistem pengintai sinar X hanya sebesar tas kantor.
Prism 200, nama peralatan ini bisa memancarkan semacam gelombang pulsa ultra wide band, bisa menembus dinding atau materi setebal 40 cm, mendeteksi segala gerakan dalam radius 15 meter, dapat membantu pihak kepolisian sewaktu dalam pengepungan penculik dan mampu mendeteksi posisi penyandera dan korban yang disandera di dalam ruangan.
Peneliti Universitas Teknik Munich Jerman telah menciptakan semacam peralatan, yang meskipun tersekat oleh pintu, asalkan meluncurkan semacam gelombang radio antara 433 MHz dan 24.000 MHz, maka bisa mendeteksi pernafasan dan detak jantung dan gerakan minim dari balik pintu.

3. Memanjat dinding dan Qinggong (ilmu meringankan tubuh)
Spiderman di dalam film, mampu memanjat dinding dan berlompatan di atas atap gedung pencakar langit. Kini selingan di kala senggang ini sudah dipergunakan oleh ilmuwan dengan menggunakan semacam peralatan perekat kuat untuk merealisasi perlawanan terhadap gravitasi. Para ilmuwan memperoleh inspirasi ini dari prinsip anatomi kaki cecak.
Cecak bisa merayap di dinding berkat mengandalkan 2 juta batang rambut pada setiap kakinya, yang menimbulkan listrik mikro elektrostatik dan membentuk sebuah daya rekat yang sangat kuat.
Andre Geim, peneliti dari Universitas Manchaster, Inggris telah merencana semacam materi tiruan bulu cecak, hanya sebesar 1 cm2, dikenakan pada sarung tangan dan sepatu, dan bisa menopang bobot 1 kg.
Nicola Pugno, peneliti politeknik Universitas Turin Italia merangkap teknologi Nano, telah membuat satu pasang sarung tangan yang masing-masing mampu menahan bobot 10 kg. seiring dengan perbaikan teknis, impian indah masyarakat penggemar spiderman dapat menjadi sepertinya tak lama lagi bisa direalisir.

4. Insang buatan
Umat manusia bila meninggalkan oksigen maka tak mampu mempertahankan eksistensinya, sewaktu menyelam udara dimampatkan dari dalam tabung, kalau terpakai habis maka harus naik ke tepi, tak mampu seperti ikan duyung yang bisa hidup di daratan maupun menyelam di dasar laut. Namun begitu manusia dapat mencipta insang buatan, berkelana di istana Nyi Roro Kidul sudah bukan masalah lagi.
Fuji Systems – Jepang membuat insang buatan dari membran silikon, udara bisa menembusnya tapi cairan tak dapat, bisa memfilter oksigen di dalam air, bersamaan itu membuang CO2, persis seperti insang ikan. Pada 2002, ada penyelam yang berhasil mengenakan insang buatan berada di dasar air selama 30 menit.
Tetapi oleh karena di dalam air laut hanya terdapat 1,5% oksigen, sedangkan oksigen yang disiapkan insang buatan terlalu minim, tidak mencukupi kebutuhan nafas manusia. Ilmuwan Israel memakai baterai menggerakkan mesin sentrifugal berkecepatan tinggi, sesudah mengurangi tekanan air laut bisa membebaskan lebih banyak oksigen, tetapi bagi penyelam, walau tak perlu lagi membawa tabung oksigen, tetapi masih perlu menggendong aki dan alat pengukur pengurang tekanan.

5. Alat penterjemah langsung
Perusahaan SRI, AS, pernah mengembangkan sebuah software pengenal suara IraqComm dan penerjemahan kepada tentara pendudukan AS di Irak, di saat bicara bahasa Arab dan diarahkan ke mikrofon, komputer dengan segera menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan melafalkan bahasa terjemahannya.
Ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon Pittsburg, AS, sedang membuat sistem serupa dinamakan Speechalator, bisa digunakan pada palm sized note book dan PDA. Meskipun dewasa ini daya perbendaharaan-katanya terbatas, namun bantuan komunikasi IraqComm bagi tentara AS dan orang Iraq sangat besar.

6. Mantel penyirna tubuh
Manusia dalam melihat suatu benda adalah karena benda tersebut telah menghalangi lewatnya gelombang cahaya. Jikalau pada benda tersebut diliputi satu lapis materi spesial yang mengandung Refractive index negative, secara teoritis bisa membuat cahaya tanpa hambatan meneruskan maju ke depan, dengan demikian benda tersebut secara visual sudah lenyap.
Kini standar iptek belum bisa membuat orang menghilang tetapi sangat mungkin merencanakan sebuah mantel penyirna tubuh. Tahun yang lalu Universitas Duke, AS, menyatakan bisa membuat metamaterials yang bisa membelokkan cahaya, bahan penyirna semacam ini dibuat dari sejumlah besar bahan sintetis yang menyerupai fiber glass dan dibentuk dengan sistem susunan mendatar, bisa membalikkan gelombang elektromagnetik, dengan melalui mengubah sorotan cahaya untuk menyembunyikan benda.
Dewasa ini peneliti dengan sukses memperluas area wilayah yang bisa menghadang gelombang cahaya, meningkatkan dengan tajam kemampuan menutupi benda. Metamaterials selain bisa dibuatkan mantel penyirna tubuh, juga bisa dipergunakan di optical fiber communication, dibuat speed fiber optic diperkirakan bisa meningkatkan minimal 10 kali lipat kecepatan on line dewasa ini.

7. Pesawat terbang pribadi
Pesawat terbang dipandang oleh banyak ilmuwan sebagai model iptek moderen. Tanpa pesawat, bisakah manusia terbang ke langit?
Pada 1920 telah dikembangkan pesawat terbang pribadi, sampai tahun 60-an, ada yang merancang pesawat pribadi yang mampu terbang 30 detik. Hingga 2008, Martin Jetpack yang dirancang oleh perusahaan pesawat Martin, Selandia Baru, membuat pesawat pribadi tidak lagi bagian dari komik fiksi iptek.
Martin Jetpack menyediakan dua starter Turbojet engine, digerakkan memakai bensin, satu gallon bensin cukup untuk 30 menit terbang, sekitar 50 km jauhnya. Selain itu pesawat dilengkapi juga dengan parasut, tak perlu takut jika mengalami kerusakan.
Harga jual pesawat tersebut adalah US$ 100.000, diprediksi paling cepat semester kedua tahun ini sudah bisa dipasarkan.

8. Pesawat antariksa pribadi
Selain pesawat pribadi, ada orang yang ingin memiliki pesawat antariksa pribadi, setiap saat bisa melayang ke ruang angkasa untuk menikmati indahnya bulan dan bintang. Pada umumnya mahalnya pesawat antariksa ada pada bahan bakarnya. Biasanya meluncurkan satu kali roket, harus merogoh biaya BBM sebesar US$ 100 juta. Insinyur AS, Leik Myrabo ternyata memiliki ide baru yakni tanpa penggunaan BBM.
Myrabo senantiasa berupaya pada penelitian gelombang mikro. Ia merencanakan penggunaan laser permukaan ditembakkan ke arah bagian dasar pesawat antariksa berbobot ringan, bisa menimbulkan Explosive plasma, sehingga melontarkan pesawat antariksa ke atas. Diprediksi pada 2025, modal dengan cara baru ini hanyalah 1/1000 daripada yang sekarang.

9. Alat terapi ultrasonic mini/jinjing
Di dalam cerita silat, orang yang berilmu tinggi bisa menyembuhkan orang lain dengan metode memancarkan tenaga dalam, karena di dalam Gong (energi hasil kultivasi)-nya terdapat materi berenergi tinggi, misalnya ultrasonik dan lain sebagainya.
Kalangan kedokteran sudah jauh hari menggunakan gelombang ultrasonik guna pemeriksaan kondisi perempuan hamil, namun dewasa ini menggunakan ultrasonik untuk penyembuhan, juga telah menjadi cara operasi baru.
Lawrence Crum, professor Universitas Washington, AS, yang telah sukses mengembangkan semacam peralatan terapi ultrasonik jinjing, melalui ultrasonik yang membebaskan ultrasonik berenergi rendah, kondisi pembuluh darah yang terluka oleh gelombang ultrasonik jikalau ditemukan pembuluh darah terdapat gejala berdarah, alat tersebut membebaskan lagi ultrasonik energi tinggi untuk menimbulkan panas tinggi dan memampatkan pembuluh darah. Ia tahun ini bisa melakukan uji klinis terhadap peralatan terapinya.

10. Bau sebagai pengontrol TV
Percayakah Anda? TV masa depan selain bersuara, berwarna, juga bisa beraroma. Otak manusia membagi aroma menjadi 30 lebih jenis, misalnya aroma kayu, aroma bunga, aroma rumput dan lain sebagainya.
Jauh pada akhir 1990 sudah ada perusahaan yang pada tahap awal berhasil meneliti teknik bebauan sintetis, mampu membuat hampir semua aroma yang ditemui setiap hari. Tetapi pada TV seiring dengan perubahan gambar, bagaimana mencegah aroma yang berbeda tidak tercampur dan berubah ke jenis aroma lainnya, serta bagaimana menangkal bau yang tak mau lenyap yang belum sinkron dengan gambar ditampilkan.
Metode perusahaan Xin Li, Jepang ialah menghindari hidung, namun langsung menyerang bagian otak. Di dalam hak ciptanya, Xin Li menggunakan ultrasonik langsung merangsang bagian tertentu pada otak manusia, membuat penonton atau pemain toy mengira mengendus aroma tertentu. Namun teknik tersebut masih sangat primitif, jalan ke masa depan masih agak panjang. (Wen Hua/The Epoch Times/whs)

Rahasia Dibalik Kesuksesan Sylvester Stallone(Rocky)

0 komentar

Gak semua orang tau, bahwa dia itu punya masa lalu yang berat.
Coba Baca nih:
Sylvester Gardenzio Stallone (lahir di New York City, Amerika Serikat, 6 Juli 1946; umur 64 tahun) adalah aktor, sutradara dan penulis naskah film Amerika Serikat. Ia mempunyai nama panggilan "Sly". Nama tengahnya kadang-kadang dipanggil "Enzio," dan ada di A&E salah satu biografi aktor, The Rocky Road to the Top, ibunya memberikan nama tengah "Gardenzio." Ia termasuk salah satu legenda besar yang sukses dalam film aksi laga, peran-perannya antara lain dalam serial Rocky dan Rambo.

Pemuda ini dilahirkan dari keluarga miskin di New York. Ibunya terpaksa melahirkan dia ditangga pintu sebuah sekolah. Akibat kelahiran yang tak lancar, ia menderita kelainan saraf di bagian mukanya, sisi kanan wajahnya menjadi tidak normal. Ia juga berbicara gagap, dan ujung bibirnya selalu tertarik ke bawah. Ia kerap diejek sebagai tokoh film kartun kucing di Looney Tunes yang kebetulan mirip namanya. Karena kekurangannya, di usia remaja ia dimasukkan kesekolah bagi anak yang mempunyai kebutuhan khusus.


Ia mempunyai mimpi untuk menjadi aktor. Untuk mengejar mimpinya menjadi aktor terkenal, pemuda ini mengikuti audisi kemana-mana. Akan tetapi wajahnya yang “seperti cacat mental” dan gaya bicara yang gagap, serta aktingnya yang terlihat kaku, membuat ia selalu ditolak untuk peran apapun yang diinginkannya. Tetapi ia pantang menyerah, anda akan kaget mengetahui berapa kali ia ditolak agen di New York. Ia di tolak sebanyak 1500 kali, bahkan jumlah seluruh agen film di New York tidak sebanyak itu. Artinya, beberapa agen sudah menolaknya berkali-kali.


Setelah gagal audisi dimana-mana, akhirnya ia nekat. Untuk mendapatkan peran pertamanya ia terpaksa ngotot. Ia datang kesebuah agency pukul 04.00 sore tetapi agen film yang didatangi menolak untuk bertemu dengannya. Keesokan paginya ketika sang agen datang ke kantor ia menemukan si pemuda tetap menunggu. Ia menunggu semalaman. Akhirnya agen tersebut tak tega dan memberinya kesempatan.

Walaupun ia hanya muncul selama beberapa menit sebagai figuran, ini sudah merupakan trobosan baginya. Setidaknya memberi nilai tambah bahwa ia pernah main film. Ia pikir jalannya akan lebih mudah.

Hidupnya tak kunjung membaik. Istrinya mulai tak tahan dengan obsesinya. Istrinya selalu bilang cari pekerjaan sungguhan yang tidak ada hubugannya dengan acting, tapi ia tetep bersikeras tidak ingin mengubur impiannya di dunia acting. Hidupnya makin sulit, ia terpaksa menjual perhiasan istrinya. Pada titik terndah dalam hidupnya ia terpaksa menjual anjing kesayangan bernama Timmy. Ia berusaha keras selama berbulan-bulan sampai satu hari ia sama sekali tidak punya uang. Timmy sangat dekat dengannya, seperti sahabat, dengan terpaksa ia menjual anjingnya hanya dengan harga US$ 25 untuk bisa menyambung hidupnya, karena sudah betul-betul bangkrut, sampai tidak bisa makan. Saat itu ia menangis.


Dalam kegalauan ia menonton sebuah pertandingan tinju antara Mohammad Ali dan Chuck Webner, seorang petinju lemah yang menurut ramalah banyak orang akan dapat dirobohkan selama 3 ronde, ternyata Webner mempunyai kemantapan dan kekerasan hati. Ia dapat menyelesaikan total 15 ronde melawan Ali karena tak mau menyerah. Pemudah itu sangat terinspirasi dengan tontonan tersebut dan muncul sebuah visi tentang sebuah film yang akan ia tulis naskanya. Malam hari itu juga ia menulis dan menulis selama 3 hari tanpa berhenti, hingga naskah filmnya selesai. Ia sangat gembira dengan naskah tersebut, akarena dalam pikirrannya ia tahu bahwa naskah cerita tersebut akan menjadi sebuah film yang mengubah hidup dan nasibnya. Tangannya sampai bergetar saat memandangi naskah itu.


Lalu utk mengajukan tulisannya kepada para produser film. Namun tidak ada yang memberi tanggapan serius atas naskah cerita tersebut. Tetapi ia tak pernah berhenti berusaha. Ia menawarkan naskah ceritanya dan ditolak lebih dari ratusan kali kepada semua produser dan studio film. Sampai suatu hari, ada sebuah studio yang berani membeli naskahnya senilai US$ 20.000 dengan syarat tokoh utamanya dibitangi oleh Ryan O’Neal dan Brut Reynolds. Ia senang sekali mendapat penawaran itu, akan tetapi ngotot ingin tetap membintangi sendiri film tersebut. Lalu ia menawarkan diri bermain Cuma-Cuma. Sang sutradara menolak. Walaupun sesungguhnya sangat membutuhkan uang, ia bersikeras menolak menjual naskah tersebut kecuali jika ia bisa menjadi bintangnya. Sang produser terus menaikkan tawarannya $80.000, $125.000, $250.000 sampai $325.000, tetapi si pemuda bersikeras tidak akan mau menjual naskah filmnya kecuali ia berperan menjadi tokoh utamanya. Ia berjanji akan bermain bagus.


Akhirnya produser setuju dan menjadikan dia tokoh utama dalam film tersebut, namun hanya dengan bayaran $20.000 untuk naskah cerita ditamnah $340 perminggu sesuai upah minimal seorang aktor. Setelah dipotong biaya-biaya, komisi agen, dan pajak, ia hanya mendapat penghasilan bersih $6.000 bukannya $325.000


Ini adalah kisah sylvester stallone atau bisa disingkat “sly”. Sly sadar, setelah 1500 kali penolakan, naskah film Rocky yang dibuatnya mungkin satusatunya pintu gerbang untuk menjadi peran utama, karena itu ia tidak mau melepas peran Rokcy untuk orang lain. Sekalipun ber-budget rendah US$1.000.000 dan dibintangi akrot tidak terkenal saat itu, yaitu stallone sendiri, film ini meledak di pasaran dan menghasilkan uang senilai US$ 200.000.000 atau 200 kali lipat.


Dari film Rocky yang dibintanginya ia dinominasikan meraih Academi Award sebagai aktor terbaik. Film tersebut memenangkan tiga Oscar untuk film terbaik, sutradara terbaik dan skenario film terbaik. Setelah Rocky, kesuksesan terus mengiringinya selama beberapa dekade ke depan. Ia kembali sukses menjadi ikon action movie dalam karakter Rambo. Pemuda keturunan itali ini menjadi ikom machismo (kejantanan) dalam film action Holywood.


Ia menjadi aktor pencetak box office terbesar didunia sepanjang tahun 1970 sampai 1990. Serial Rocky (Rocky 1-5) dan Rambo (1-4) meraih hampir US$1 miliar, dan menjadikan Stallone seoarng bintang film internasional termahal.


Apa yang dicapainya kini merupakan buah keteguhannya mempertahankan mimpi untuk menjadi bintang film.


Seandainya ia merelakan naskah Rocky dibintangi orang lain mungkin ia mendapat US$325.000 untuk naskahnya tapi ia kehilangan peluang, yang mungkin satu-satunya, untuk menjadi bintang utama.


Tentang penolakan yang dialaminya ia berkata “i take rejection as someone blowing a bugle in my ear to wake up and get going, rather than retreat”.

“saya anggap penolakan seperti orang meniupkan terompet di telinga untuk membangunkan kita bukan untuk mundur”


naaaah,,setelah sukses,,dia ngebeberin rahasia di balik kesuksesan nya,,

Bagi yang pengen text lengkapnya:

Let me tell you something you already know.
The world ain't all sunshine and rainbows.
It's a very mean and nasty place
And I don't care how tough you are
It will beat you to your knees
...And keep you there permanently
IF YOU LET IT.

You, me or nobody is gonna hit as hard as life.
But it ain't about how hard you hit.
It's about how hard you can get hit
And keep moving forward
How much you can take
And keep moving forward.
THAT'S HOW WINNING IS DONE!

Now if you know what you're worth
than go out and get what you're worth.
But you gotta be willing to take the hits,
and not pointing fingers saying'
you ain't what you wanna be because of him
or her or anybody!
Cowards do that and that ain't you!
YOU'RE BETTER THAN THAT!


Gak tau artinya apa??
Sini biar saya terjemahin:
biarkan saya membicarakan semua yang kamu tau.
dunia bukanlah tempat yang di penuhi pelangi dan matahari yang cerah.
dunia adalah tempat yang kejam dan kotor.
dan saya tidak peduli sebarapa tangguh dirimu,
dunia akan membuat mu berlutut secara permanen,

jika kamu membiarkan nya(menyerah)..



tidak ada seorang pun yang bisa memukul sekeras kehidupan,baik itu saya atau kamu,
kehidupan bukan masalah seberapa keras kamu memukul(sukses),
tapi masalah seberapa keras kamu di pukul(gagal),
dan tetap maju,
seberapa banyak kamu di pukul(gagal)
dan tetap maju,,

seperti itulah cara meraih kemenangan..


sekarang,jika kamu tahu apa yang kamu inginkan,
maka kejarlah dan dapatkan keinginanmu itu,
tetapi kamu harus menerima setiap pukulan(kegagalan) yang di terima,
bukannya menunjuk sambil berkata,"aku tidak bisa jadi apa yang saya inginkan karena dia atau siapapun itu",
pengecut yang melakukan itu(menyalahkan) dan itu bukan kamu,

kamu lebih baik dari itu..
 

[Kisah Inspiratif] BERIKAN DAN LUPAKAN..!!!

0 komentar

♫•*¨*•.¸¸ﷲ¸¸.•*¨*•♫♥♥♥♥♥♥♫•*¨*•.¸¸ﷲ¸¸.•*¨*•♫♥♥ ♥♥♥♥♥♥♥♥

Suatu malam hujan turun dengan lebat diiringi angin kencang dan petir yang menyambar-nyambar. Malam itu telepon berdering di rumah seorang dokter. ''Istri saya sakit,'' terdengar suara minta pertolongan. ''Dia sangat membutuhkan dokter segera. Si dokter menjawab, ''Dapatkah bapak menjemput saya sekarang ? Mobil saya sedang masuk bengkel.'' Mendengar jawaban itu, lelaki tersebut menjadi berang. ''Apa ?!'' katanya dengan marah. ''Saya harus pergi menjemput dokter pada malam yang berhujan lebat seperti ini?''

#####

Coba Anda renungkan cerita inspiratif diatas. Kita senantiasa meminta sesuatu kepada orang lain. Sayangnya, kita seringkali lupa untuk memberi. Kita tak sadar bahwa apapun yang kita berikan sebenarnya adalah untuk diri kita sendiri, bukan untuk siapa-siapa. Di dunia ini tak ada yang gratis. Segala sesuatu ada harganya. Seperti halnya membeli barang, Anda harus memberi terlebih dahulu sebelum meminta barang tersebut. Kalau Anda seorang penjual, Anda pun harus memberikan pelayanan dan menciptakan produk sebelum meminta imbalan jasa Anda. Inilah konsep ''memberi sebelum meminta'' yang sayangnya sering kita lupakan dalam kehidupan sehari-hari.

Padahal ''memberi sebelum meminta'' adalah sebuah hukum alam. Kalau Anda ingin anak Anda mendengarkan apa yang Anda katakan, Andalah yang harus memulai dengan mendengarkan keluh kesah mereka. Kalau Anda ingin karyawan atau bawahan Anda bekerja dengan giat, Andalah yang harus memulai dengan memberikan perhatian, dan lingkungan kerja yang kondusif. Kalau Anda ingin disenangi dalam pergaulan, Anda harus memulainya dengan memberikan bantuan dan keperdulian kepada orang lain.

Orang yang tak mau memberi adalah mereka yang senantiasa dihantui perasaan takut miskin. Inilah orang-orang yang ''miskin'' dalam arti yang sesungguhnya. Padahal, di dunia ini berlaku hukum kekekalan energi. Kalau Anda memberikan energi positif kepada dunia, energi itu tak akan hilang. Ia pasti kembali kepada Anda.

Persoalannya, banyak orang mengharapkan imbalan perbuatan baiknya langsung dari orang yang ditolongnya. Ini suatu kesalahan. Dengan melakukan hal itu, Anda justru membuat bantuan tersebut menjadi tak bernilai. Anda mempraktikkan manajemen ''Ada Udang Di Balik Batu.'' Anda tak ikhlas dan tak tulus. Ini pasti segera dapat dirasakan oleh orang yang menerima pemberian Anda. Jadi, alih-alih menciptakan kepercayaan pemberian Anda malah akan menghasilkan kecurigaan.

Agar dapat efektif, Anda harus berperilaku seperti sang surya yang memberi tanpa mengharapkan imbalannya. Untuk itu tak cukup memberikan harta saja, Anda juga harus memberikan diri Anda, dari hati Anda yang paling dalam. Jangan pernah memikirkan imbalannya. Anda hanya perlu percaya bahwa apapun yang Anda berikan suatu ketika pasti kembali kepada Anda. Ini merupakan suatu keniscayaan, suatu hukum alam yang sejati.

Sebetulnya semua orang di dunia ini senantiasa memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Namun, kita dapat membedakannya menjadi dua tipe orang. Orang pertama kita sebut sebagai orang yang egois. Merekalah orang yang selalu meminta tetapi tak pernah memberikan apapun untuk orang lain. Orang ini pasti dibenci dimana pun-ia berada.

Jenis orang kedua adalah orang yang juga mementingkan diri sendiri, tetapi dengan cara mementingkan orang lain. Mereka membuat orang lain bahagia agar mereka sendiri menjadi bahagia. Ini sebenarnya juga konsep mementingkan diri sendiri tetapi sudah diperhalus. Kalau Anda selalu memberikan perhatian dan bantuan kepada orang lain, banyak orang yang akan menghormati dan membantu Anda. Kalau demikian, Anda sebenarnya sedang berbuat baik pada diri Anda sendiri.

Bagaimana kalau Anda membaktikan diri Anda untuk menolong anak-anak terlantar dan orang-orang miskin ? Ini pun sebenarnya adalah tindakan ''mementingkan diri sendiri dengan cara mementingkan orang lain.'' Anda mungkin tak setuju dan mengatakan, ''Bukankah saya tidak mendapatkan apa-apa. Saya kan bekerja dengan sukarela" .Memang benar, Anda tidak mendapatkan apa-apa secara materi, tetapi apakah Anda sama sekali tidak mendapatkan apa-apa? Jangan salah, Anda tetap akan mendapatkan sesuatu yaitu kepuasan batin. Kepuasan batin inilah yang Anda cari. Anda membantu orang lain supaya mendapatkan hal ini.

Jadi, apapun yang kita lakukan di dunia ini semuanya adalah untuk kepentingan kita sendiri. Orang-orang yang egois sama sekali tak memahami hal ini. Mereka tak sadar bahwa mereka sedang merusak diri mereka sendiri.

Sementara orang-orang yang baik budinya sadar bahwa kesuksesan dan kebahagiaan baru dapat dicapai kalau kita membuat orang lain senang, menang, dan bahagia. Hanya dengan cara itulah kita akan dapat menikmati kemenangan kita dalam jangka panjang. Inilah hukum Menang-Menang (win-win) yang berlaku dimana saja, kapan saja dan untuk siapa saja.

♫•*¨*•.¸¸ﷲ¸¸.•*¨*•♫♥♥♥♥♥♥♫•*¨*•.¸¸ﷲ¸¸.•*¨*•♫♥♥ ♥♥♥♥♥♥♥♥
 Rasa terindah dalam hidup adalah disaat kehadiranmu menjadi sangat berarti utk orang lain

Tips Wisata Sambil Belajar Bahasa Asing

0 komentar

ILUSTRASI - Turis dari Belanda menggunakan becak untuk menikmati arsitektur di Kawasan Kota Lama, Kota Semarang, Jawa Tengah. 


Anda telah bersiap untuk berpetualang ke luar negeri baik finansial maupun mental. Namun bagaimana bila Anda pergi ke tempat tujuan wisata dengan bahasa setempat yang kurang Anda kuasai.
Contohnya saja Korea, Jepang, Perancis, dan beberapa negara lain yang sangat mencintai bahasa ibunya. Bahkan terkadang penduduk setempat tidak fasih berbahasa Inggris. Nah Apa yang harus Anda lakukan untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi di sana? Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

Belajarlah bahasa setempat sebelum Anda berangkat. Dalam hal ini bila Anda ingin cukup fasih dalam melakukan perbincangan dengan penduduk setempat, ada baiknya Anda mendaftarkan kursus bahasa tersebut secara resmi yang memang mengeluarkan kocek yang cukup besar.
Apalagi jika Anda berencana melancong di negara tersebut dalam waktu yang lama. Jika Anda yakin dengan negara tujuan Anda, daftar dan belajarlah dua sampai tiga bulan sebelum keberangkatan.
Bila Anda ingin menghemat biaya Anda, Anda dapat belajar otodidak dengan membeli buku percakapan yang dilengkapi CD belajar secara lisan, agar memudahkan Anda dalam melafalkan bahasa negara tujuan wisata Anda. Buku-buku percakapan seperti itu telah banyak dijual di toko-toko buku.
Harga membeli buku tersebut tentu lebih hemat dibandingkan mengambil kursus bahasa. Namun, Anda harus rajin, disiplin, dan konsisten dalam belajar secara otodidak.

Kuasailah frasa-frasa dasar ataupun percakapan dasar. Hafalkan percakapan-percakapan umum yang biasa dipraktikan bila Anda berada di tempat tujuan tersebut. Kata-kata seperti “di mana”, “tolong”, “terima kasih”, “maaf saya tidak pandai berbahasa …”
Halafkan juga percakapan-percakapan umum di sarana umum. Misalnya menanyakan harga, menanyakan cara, menanyakan jalan, dan sebagainya. Biasakan menghafalkan kata kerja dibanding kata benda. Kata benda bisa Anda tunjuk atau gambarkan. Sementara kata kerja susah untuk digambarkan.

Bawalah kertas contekan. Anda dapat menulis kata-kata sifat yang biasanya Anda jumpai di petunjuk jalan. Terutama kata-kata yang berlawanan seperti kata-kata masuk-keluar, atas-bawah, tunggu-pergi, dan sebagainya.

Janganlah ragu meminta bantuan. Selalu ada orang yang bisa berbahasa Inggris. Bisa jadi Anda berada di situasi saat Anda tidak memahami suatu kalimat yang Anda maksud namun Anda hanya mengerti beberapa kata dalam kalimat tersebut.
Jika hal ini terjadi, Anda dapat meminta bantuan kepada penduduk lokal yang Anda ajak bicara. Katakan padanya, “bagaimana saya mengatakan (kata yang Anda maksud) dalam bahasa setempat?”. Lalu Anda dapat memintanya untuk menuliskan di atas kertas sehingga Anda mendapatkan kosa kata baru bahasa setempat.

Makanlah di restoran lokal. Sebaiknya Anda hindari makan di restoran yang menggunakan dua bahasa pada menu makanan mereka. Apalagi jika Anda turis berkantong tipis.
Beberapa restoran tersebut biasanya menawarkan makanan yang sama dengan makanan pinggir jalan namun dengan harga mahal. Harga lebih mahal karena yang sasaran mereka adalah wisatawan asing, bukan penduduk lokal.
Oleh karena itu, makanlah di warung atau restoran yang biasa menjadi tempat makan penduduk setempat, bukan yang ramai dikunjungi turis. Carilah seseorang untuk membantu Anda mengartikan menu makanan tersebut dan mendeskripsikannya agar Anda dapat menikmati makanan enak dengan harga terjangkau.

Berwisata sambil belajar bahasa. Ibarat sambil menyelam minum air. Anda bisa berwisata sekaligus membuat Anda menambah pengetahuan Anda dalam berbahasa asing yang nantinya dapat menjadi modal Anda.
Misalnya saat bekerja di perusahaan asing ataupun membantu teman Anda yang ingin belajar bahasa tersebut. Paling tidak Anda tidak gugup lagi dalam bercakap-cakap bahasa tersebut.

Tersenyumlah. Hal ini memang bahasa yang paling mudah dan paling dimengerti oleh semua orang di seluruh dunia. Bila Anda meminta tolong atau berterima kasih dengan bahasa lokal sambil tersenyum, maka Anda telah membuat suatu kedamaian sederhana antar budaya dan antar negara.

Makanan BERBAHAYA [Mengandung Bahan Kimia Tinggi+Ciri-ciri]

0 komentar

Walaupun sudah berulang kali disidak dan diperingatkan, tetapi masih saja ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya di pasaran. Bukan cuma terdapat dalam bahan makanan basah seperti mi dan tahu, jajanan anak di sekolah juga tak luput dari ancaman bahan kimia berbahaya.apalgi makanan ini sering kita jumpai dimanapun kita berada seperti : onde-onde,molen,roti basah,kue kering bahkan buah-buahan sekalipun dll.
Dari hasil pengambilan sampel rutin yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dalam beberapa tahun terakhir, ada empat jenis bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam makanan, yakni formalin, boraks, pewarna rhodamin B, dan methanyl yellow.
Sebenarnya, tanpa melakukan uji laboratorium agak sulit menentukan apakah bahan makanan yang dijual aman atau bebas dari bahan kimia berbahaya.
Namun, menurut Chandra Irawan, staf pengajar dari Akademi Kimia Analisis Bogor, secara umum kita dapat mengenali makanan yang mengandung zat berbahaya dari bentuk fisiknya, seperti warna, tekstur, dan rasa.

1. Ciri Makanan Mengandung Formalin

- Mi Basah Berformalin
Tidak lengket, lebih mengilap, tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar, dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 derajat celsius).
- Tahu Berformalin
Teksturnya terlampau keras, kenyal tetapi tidak padat. Tidak rusak sampai 3 hari dalam suhu kamar dan bisa tahan 15 hari dalam kulkas.
- Ikan Berformalin
Warna insang merah tua tidak cemerlang, bukan merah segar, dan warna daging ikan putih bersih. Tidak rusak sampai 3 hari pada suhu kamar.
- Ikan Asin Berformalin
Bersih cerah dan tidak berbau khas ikan asin. Tidak dihinggapi lalat di area berlalat, tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu 25 derajat celsius.
- Bakso Berformalin
Teksturnya sangat kenyal, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar.
- Ayam Berformalin
Teksturnya kencang, tidak disukai lalat, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar.
 
2. Ciri Makanan Mengandung Boraks
- Mi Basah
Teksturnya kental, lebih mengilat, tidak lengket, dan tidak cepat putus.
- Bakso
Teksturnya sangat kental, warna tidak kecoklatan seperti penggunaan daging, tetapi lebih cenderung keputihan.
- Snack
Misalnya lontong, teksturnya sangat kenyal, berasa tajam, sangat gurih, dan memberikan rasa getir.
- Kerupuk
Teksturnya renyah dan bisa menimbulkan rasa getir.
 
3. Ciri Makanan Menggunakan Pewarna Rhodamin B dan Methanyl Yellow:
- Warnanya mencolok
- Cerah mengilap
- Warnanya tidak homogen (ada yang menggumpal)
- Ada sedikit rasa pahit
- Muncul rasa gatal di tenggorokan setelah mengonsumsinya
 
4.Ciri makanan mengandung Lilin
-warnanya kuning keemasan sebagai pengoreng makanan gantinya minyak kelapa sawit
-lebih terasa baik teksturnya,lebih cair daripada kelapa sawit
-zat kimia yg terkandung dalam bahan lilin adalah: SILICON RUBBER + KATALIS,FIBER, PARAFIN

PESAN SAYA:
Upayakan cari makanan yg telah disetujui pihak BPOM,ataupun cek langsung ke Lab Penlitian bahan kimia,berlangganan terhadap para penjual yg sudah lama dikenal/dpercaya, SELALU TETAP WASPADA...!!!!

[PENTING!!]Kemajuan Negara Ada Di Otak Manusia

0 komentar

Apa kabar kalian sekalian ???
Mari kita buka dengan tarik dan mengembuskan nafas dalam-dalam agar kita lebih rileks dalam melakukan sesuatu terutama membaca trit ane yang mudah-mudahan memberikan pencerahan dan memerikan manfaat

Kamu tau gak selain otak kiri, sekarang yang akan paling berperan dalam perkembangan zaman selanjutnya adalah otak kanan. Karena otak kiri yang pada dasarnya bekerja secara logika dengan mengaitkan sesuatu hal, dengan otak kiri kita bisa menciptakan hal yang belum pernah ada sebelumnya. Tapi kalo otak kanan tuh lebih ke kreatifitas dan perasaan.


Coba deh sekarang kalo kamu liat udah banyak penemu yang menciptakan mulai dari lampu bohlam, kalkulator, telepon, dan sepeda. Namun dengan kreatifitas orang era 20-an ini, mereka mengembangkan semuanya ke hal yang lebih canggih, dari mulai lampu hemat energi, komputer bahkan notebook dan laptop, hape bahkan i-phone, dan motor. Bagaimana kedepannya ?


Tapi jangan dikira mereka Cuma pake otak kanan atau Cuma pake otak kiri, mereka menggunakan keduanya barengan , tapi gak sekaligus dua-duanya juga

Menurut buku yang ane baca kalo otak kanan lagi kerja maka otak kanan ini tuh mendominasi, sedangkan otak kiri sedikit mengurangi kerjanya. Kalo menurut saya sih ini juga yang terjadi sama anak sekolahan yang kebelinger belajar lebih dari 15 mata pelajaran sekaligus, apalagi di hari yang bersamaan.
Bukannya meningkatkan kinerja otak malah bikin stress sehari ngambil beberapa pelajaran yang berlainan kepala, contoh : fisika dan geografi atau kimia dan sosiologi.
Para penemu tuh udah melatih otak mereka, kemauan atau niat juga salah satu faktor terpenting buat perkembangan otak.

Nonton Deddy Corbuzier gak gan waktu kemaren ? yang gak nonton juga pasti tau kalo ngikutin beliau. Dia bisa membaca pikiran, mendeteksi orang bohong, mengetahui apa yang lagi dipegang orang di depannya padahal matanya ditutup beberapa lem dan ditutup kain serta kantong hitam, tapi dia bisa menebak bendanya dan buat benda yang ada nomornya dia juga tau nomornya berapa.
Kembali ke pokok pembicaraan (gaya bahasa guru sekolah)
Kita juga bisa melatih kemampuan otak kita gan, soalnya semua yang ada di diri kita sumber yang paling utama dalam perubahan dan perkembangan kita tuh otak.

Masalah yang sering muncul pun sebenernya kalo ditelusur tuh Cuma berupa variabel, itu mah gimana kitanya aja kamu yang penter-pinter mecahin masalah dengan mengaitkan semuanya ke dalam satu hasil biar terselesaikan



Beralih ke otak kanan yang dari awal disinggungkan, disini kamu bisa mengembangkan kemampuan melalui desain, cerita, simponi, dan empati.

Artinya dari mendengarkan cerita atau membaca kisah orang terutama kisah orang sukses kamu pasti mengeluarkan suatu kesimpulan dan pendapat yang akan berpengaruh sama diri kamu. Kalo Simponi ini meliputi musik , tapi kalo bisa simponi yang bener-bener simponi kayak Beethoven atau Mozart. Sering dengerin klasik aja , kalo gitar klasiknya saya suka F.Tarrega
Nah kalo desain kamu bisa gambar, ngedit foto, bikin animasi, atau yang sejenisnya lah ,, Otak juga bisa tersugesti kalau kita mikir meski dalem hati, contoh agan mikir kamu gak akan bisa belajar Matematika, yah itu mah malah jadi kenyataan kalo kamu gak mikir kalo kamu pasti bisa. Dan buat kamu yang cerdas di bidang ini jangan bilang Matematika itu gak sulit, tapi sugestikan kalo Matematika itu mudah.


Ayo  buat kemajuan Indonesia di masa yang mendatang mari kita bangun Indonesia bersama sebagai penerus dari generasi yang sekarang, kita jangan Cuma pinter di otak kiri tapi otak kanan yang mendasari perasaan itu gak ada, ntar malah jadi koruptor

Dan jangan juga males mengembangkan otak kiri dengan gak mau belajar, otak kiri tuh yang utama.
 Mari kita tingkatkan kekuatan pikiran kita melalui otak kita :
Kalo kamu nasionalisme dan perduli sesama mohon beri komentar yang bermanfaat.

Salah satu web pengganti library.nu gan! Insya Allah stok bukunya sama dahsyatnya!

0 komentar

Kiamatlah Kita bagi Penyuka “Library.nu”
Apakah Anda seorang penelusur buku-buku luar yang kalau kita beli muahal-muahal itu? Kalau iya mungkin akan familier dengan kata atau situs “Library.nu” tersebut. Situs ini bagi mahasiswa yang berkantong cekak menjadi situs favorit, karena kebutuhan-kebutuhan artikel, skripsi, thesis hingga disertasi banyak terbantu dengan koleksi yang disediakan.

Saya mengenal alamat ini dari dosen yang seorang peneliti, yang banyak menulis dengan dibantu oleh keberadaan situs gratisan ini. Dosen tersebut mendapatkan alamat ini, sebagai penyedia e-book gratisan yang menyediakan buku-buku berbahasa Inggris yang dikenal banyak para penggiat ilmu seluruh dunia. Selain gratisan, penyedia ini juga menyediakan puluhan ribu buku yang dapat diakses secara bebas oleh para penyuka.


Buku-buku yang disajikan di sana, bukan hanya buku-buku kuliahan namun juga buku-buku yang menekankan ketrampilan/ atau ilmu-ilmu terapan.


Berbagai kategori dari penerbit-penerbit top seperti Cambridge University Press, Routledge, Pearson, Oxford, dan lain-lain bisa kita dapatkan misalnya dictionary, encyclopedia, linguistics, agriculture, religion, philosophy, politics, economy, computer dan lain-lain. Sehingga siapapun kita dan disiplin ilmu kita, kita bisa mendapatkannya secara gratisan.


Namun akhir-akhir ini, Library.nu sudah tidak bisa diakses sama sekali. Beberapa minggu lalu situs ini masih bisa namun tidak gratisan, namun lebih seperti toko buku yang komersial laiknya Amazon.com. Pun buku-buku yang bisa dilihat hanya menampilkan sinopsis dan harga-harga buku.


Hari ini, ketika kita membuka situs Library.nu tulisan yang bisa kita baca hanyalah


“THE DOMAIN (”library.nu”) HAS BEEN REVOKED BY .NU DOMAIN”.


Sehingga nyaris kita tidak bisa lagi menikmati buku-buku yang top-top itu dengan gratisan, karena sudah ditutup.


Maka bila hal ini terus terjadi, kiamatlah bagi para penyuka situs buku….


Selamat berselancar mencari situs sejenis Library.nu…


SUMBER


SOLUSI
Jadi gan, dari info yang ane peroleh, library.nu mati karena alamat library.nu telah dicabut oleh izinnya oleh domain .nu dan karena ketakutan terhadap RUU SOPA . Bahkan link sementara (yang pada awalnya diharapkan jadi link alternatif) https://ssl.library.nu/account:signin juga udah gak bisa lagi gan.
Menyedihkan bagi orang (terutama mahasiswa) yang emang lagi butuh buku-buku referensi buat TA atau pegangan tapi kantongnya cekak. Ini semua menimbulkan semangat bagi para finder2 untuk surfing di internet menemukan web yang serupa dengan library.nu, bagi mereka mati satu ya tumbuh sepuluh ribu , dan salah satunya adalah http://en.bookfi.org
Ada sekitar 1,231,981 buku di sini gan. Ane baru tau web ini gan dari temen dan ane udah nyoba nyari buku mulai dari Boas sampai Yilmaz semuanya ada, cuman gak ada sedikit preview ato keterangan edisi berapa kaya library.nu, tapi lumayanlah databasenya, dan gak perlu log in segala, selamat mencoba. RECOMMENDED!! 

Masalah Kesehatan Jiwa Masyarakat {TUGAS MAKALAH}

0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
       Pada saat ini ada kecenderungan penderita dengan gangguan jiwa jumlahnya mengalami peningkatan. Data hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga (SK-RT) yang dilakukan Badan Litbang Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1995 menunjukkan, diperkirakan terdapat 264 dari 1000 anggota Rumah Tangga menderita gangguan kesehatan jiwa. Dalam kurun waktu enam tahun terakhir ini, data tersebut dapat dipastikan meningkat karena krisis ekonomi dan gejolak-gejolak lainnya diseluruh daerah. Bahkan masalah dunia internasionalpun akan ikut memicu terjadinya peningkatan tersebut.
       Studi Bank Dunia (World Bank) pada tahun 1995 di beberapa negara menunjukkan bahwa hari-hari produktif yang hilang atau Dissabiliiy Adjusted Life Years (DALY's) sebesar 8,1% dari Global Burden of Disease, disebabkan oleh masalah kesehatan jiwa. Angka ini lebih tinggi dari pada dampak yang disebabkan penyakit Tuberculosis (7,2%), Kanker (5,8%), Penyakit Jantung (4,4%) maupun Malaria (2,6%).
       Tingginya masalah tersebut menunjukkan bahwa masalah kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang besar dibandingkan dengan masalah kesehatan lainnya yang ada dimasyarakat. Kesehatan Jiwa masyarakat (community mental health) telah menjadi bagian masalah kesehatan masyarakat (public health) yang dihadapi semua negara.
       Salah satu pemicu terjadinya berbagai masalah dalam kesehatan jiwa adalah dampak modernisasi dimana tidak semua orang siap untuk menghadapi cepatnya perubahan dan kemajuan teknologi baru. Gangguan jiwa tidak menyebabkan kematian secara langsung namun akan menyebabkan penderitanya menjadi tidak produktif dan menimbulkan beban bagi keluarga penderita dan lingkungan masyarakat sekitarnya. Dari data tersebut diatas, kami tertarik untuk membahas masalah kesehatan jiwa masyarakat sebagai judul makalah kami.



1.2         Tujuan Penulisan
1.2.1       Tujuan Umum
          Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan masalah-masalah kesehatan jiwa masyarakat.
1.2.2     Tujuan Khusus
a.       Mahasiswa mengetahui pengertian kesehatan jiwa
b.      Mahasiswa mengetahui pengertian gangguan jiwa
c.       Mahasiswa mengetahui model-model konseptual kesehatan jiwa masyarakat

1.3         Metode penulisan
         Dalam penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu dengan penjabaran masalah-masalah yang ada dan menggunakan studi kepustakaan dari literatur yang ada, baik di perpustakaan maupun di internet.

1.4        Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari tiga bab yang disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
1.      BAB I           : Pendahuluan, terdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, metode
              penulisan, dan sistematika penulisan.
2.      BAB II    :Tinjauan teoritis, terdiri dari pengertian kesehatan jiwa, pengertian gangguan jiwa, masalah-masalah kesehatan jiwa masyarakat dan konseptual model keperawatan kesehatan jiwa.
3.      BAB III        : Penutup, terdiri dari kesimpulan dan saran.





      



BAB II
TINJAUAN TEORITIS


2.1     Kesehatan Jiwa
       Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai “keadaan sehat fisik, mental, dan sosial, bukan semata-mata keadaan tanpa penyakit atau kelemahan.” Definisi ini menekankan kesehatan sebagai suatu keadaan sejahtera yang positif, bukan sekedar keadaan tanpa penyakit. Orang yang memiliki kesejahteraan emosional, fisik, dan sosial dapat memenuhi tanggung jawab kehidupan, berfungsi dengan efektif dalam kehidupan sehari-hari, dan puas dengan hubungan interpersonal dan diri mereka sendiri. Tidak ada satupun definisi universal kesehatan jiwa, tetapi kita dapat menyimpulkan kesehatan jiwa seseorang dari perilakunya. Karena perilaku seseorang dapat dilihat atau ditafsirkan berbeda oleh orang lain, yang bergantung kepada nilai dan keyakinan, maka penentuan definisi kesehatan jiwa menjadi sulit.
       Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi sehat emosional, psikologis, dan sosial yang terlihat dari hubungan interpersonal yang memuaskan, perilaku dan koping yang efektif, konsep diri yang positif, dan kestabilan emosional. Kesehatan jiwa memiliki banyak komponen dan dipengaruhi oleh berbagai factor (Johnson, 1997):
a.         Otonomi dan kemandirian: Individu dapat melihat ke dalam dirinya untuk menemukan nilai dan tujuan hidup. Opini dan harapan orang lain dipertimbangkan, tetapi  tidak mengatur keputusan dan perilaku individu tersebut. Individu yang otonom dan mandiri dapat bekerja secara interdependen atau kooperatif dengan orang lain tanpa kehilangan otonominya.
b.        Memaksimalkan potensi diri: Individu memiliki orientasi pada pertumbuhan dan aktualisasi diri. Ia tidak puas dengan status quo dan secara kontinu berusaha tumbuh sebagai individu.
c.         Menoleransi ketidakpastian hidup: Individu dapat menghadapi tantangan hidup sehari-hari dengan harapan dan pandangan positif walaupun tidak mengetahui apa yang terjadi di masa depan.
d.        Harga  diri: Individu memiliki kesadaran yang realistis akan kemampuan  dan keterbatasannya.
e.         Menguasai lingkungan: Individu dapat mengahadapi dan mempengaruhi lingkungan dengan cara yang kreatif, kompeten, dan sesuai kemampuan.
f.         Orientasi realitas: Individu dapat membedakan dunia nyata dari dunia impian, fakta dari khayalan, dan bertindak secara tepat.
g.        Manajemen stress: Individu dapat menoleransi stress kehidupan, merasa cemas atau berduka sesuai keadaan, dan mengalami kegagalan tanpa merasa hancur. Ia menggunakan dukungan dari keluarga dan teman untuk mengatasi krisis karena mengetahui bahwa stress tidak akan berlangsung selamanya.
          Faktor yang mempengaruhi kesehatan jiwa seseorang dapat dikategorikan sebagai faktor individual, interpersonal, dan sosial/budaya. Faktor individual meliputi struktur biologis, memiliki keharmonisan hidup,  vitalitas, menemukan arti hidup, kegembiraan atau daya tahan  emosional, spritualitas,  dan memiliki identitas yang positif (Seaward, 1997). Faktor interpersonal meliputi komunikasi yang efektif, membantu orang lain, keintiman, dan mempertahankan keseimbangan antara perbedaan dan kesamaan. Faktor sosial budaya meliputi keinginan untuk bermasyarakat, memiliki penghasilan yang  cukup, tidak menoleransi kekerasan, dan mendukung keragaman individu.

2.2     Gangguan Jiwa
          Di masa lalu gangguan jiwa dipandang sebagai kerasukan setan, hukuman karena pelanggaran sosial atau agama, kurang minat atau  semangat, dan pelanggaran norma sosial. Penderita gangguan jiwa dianiaya, dihukum, dijauhi,  diejek, dan  dikucilkan dari masyarakat “normal”. Sampai abad ke-19, penderita gangguan jiwa dinyatakan  tidak dapat disembuhkan dan dibelenggu dalam penjara tanpa diberi makanan, tempat berteduh, atau pakaian yang cukup.
          Saat ini gangguan jiwa diidentifikasi dan ditangani sebagai masalah medis. American Psychiatric Association (1994) mendefinisikan gangguan jiwa sebagai “suatu sindrom atau pola psikologis atau perilaku yang penting secara klinis yang terjadi pada seseorang yang  dikaitkan dengan adanya distress aatau disabilitas.
          Kriteria umum untuk mendiagnosis gangguan jiwa meliputi ketidakpuasan dengan karakteristik, kemampuan, dan prestasi diri; hubungan yang tidak efektif atau tidak memuaskan; tidak puas hidup di dunia; atau koping yang tidak efektif terhadap peristiwa kehidupan dan tidak terjadi pertumbuhan personal. Selain itu, perilaku individu yang tidak diharapkan atau dikenakan sanksi secara budaya bukan perilaku menyimpang yang menjadi indikasi suatu gangguan jiwa (DSM-IV, 1994).
          Faktor yang menyebabkan gangguan jiwa juga dapat dipandang dalam tiga kategori, yaitu :
1.        Faktor individual: meliputi struktur biologis, ansietas, kekhawatiran dan ketakutan, ketidakharmonisan dalam hidup, dan kehilangan arti hidup (Seaward, 1997).
2.        Faktor interpersonal: meliputi komunikasi yang tidak efektif, ketergantungan yang berlebihan atau menarik diri dari hubungan, dan kehilangan kontrol emosional
3.        Faktor budaya dan sosial: meliputi tidak ada penghasilan, kekerasan, tidak memiliki tempat tinggal, kemiskinan, dan diskriminasi seperti perbedaan ras, golongan, usia dan jenis kelamin.

2.3    Masalah Kesehatan Jiwa Masyarakat
            Berbagai kondisi psikososial yang menjadi indikator taraf kesehatan jiwa masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan karakteristik kehidupan di perkotaan (urban mental health) meliputi: kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kasus perceraian, anak remaja putus sekolah, kasus kriminalitas anak remaja, masalah anak jalanan, promiskuitas, penyalahgunaan Napza dan dampak nya (hepatitis C,HIV/AIDS dll), gelandangan psikotik serta kasus bunuh diri.
2.3.1    Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
            Kekerasan dalam rumah tangga adalah tiap perbuatan terhadap seseorang yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan fisik, seksual, psikologis dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga (definisi dalam UU No.23 tahun 2004 tentang penghapusan KDRT). Lingkup rumah tangga adalah suami, istri dan anak, termasuk juga orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga karena hubungan darah, perkawinan, pengasuhan, perwalian dengan suami maupun istri yang menetap bersama dalam rumah tangga.
            Dampak kekerasan dalam rumah tangga meliputi gangguan kesehatan fisik non-reproduksi (luka fisik, kecacatan), gangguan kesehatan reproduksi (penularan penyakit menular seksual, kehamilan yang tidak dikehendaki), gangguan kesehatan jiwa (trauma mental), kematian atau bunuh diri. Kekerasan rumah tangga juga dapat menjadi salah satu atau kontributor meningkatnya kasus perceraian, kasus penelantaran anak, kasus kriminalitas anak remaja serta juga penyalahgunaan Napza.
2.3.2    Anak Putus Sekolah
                        Berdasarkan data direktorat pendidikan kesetaraan depdiknas tahun 2005 lalu di Indonesia tercatat jumlah pelajar SLTP yang putus sekolah adalah sebanyak 1.000.746 siswa/siswi, sedangkan pelajar SLTA yang putus sekolah adalah sebanyak 151.976. jumlah lulusan SLTA yang tidak melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada tahun tersebut tercatat sebanyak 691.361 siswa/ siswi. Laporan Organisai Buruh Internasional (ILO) tahun 2005 menyatakan bahwa sebanyak 4,18 juta anak usia sekolah di Indonesia tidak bersekolah dan sebagainya menjadi “pekerja anak” perwakilan ILO di Indonesia menyatakan bahwa banyaknya anak putus sekolah dan menjadi pekerja anak disebabkan karena biaya pendidikan di Indonesia masih dianggap terlalu mahal dan tak terjangkau oleh sebagian kalangan masyarakat. Angka partisipasi kasar (APK) program wajib belajar 9 tahun yang dirilis Depdiknas menunjukan baru mencapai 88,68% dari target 95% partisipasi anak usia sekolah yang diharapkan.
2.3.3    Masalah Anak Jalanan
                        Masalah anak jalan di Indonesia seperti kekerasan pada anak, masalah anak jalanan, penelantaran anak dan sebagainya masih cukup tinggi. Berdasarkan data dari Departemen Sosial tahun 2005, jumlah anak jalanan di Indonesia adalah sekitar 30.000 anak dan sebagian besarnya berada di jalan-jalan di DKI Jakarta. Selain itu baru terdapat 12 daerah di Indonesia yang memiliki perda tentang anak jalanan. Padahal para anak-anak jalanan tersebut jelas rentan terhadap berbagai tindak kekerasan, penyimpangan perlakuan, pelecehan seksual bahkan dilibatkan dalam berbagai tindak kriminal oleh orang dewasa yang menguasainya.
2.3.4    Kasus Kriminalitas Anak Remaja
                        Data Direktorat Jenderal Kemasyarakatan Dephukham dan komnas pelindungan anak (PA) menujukan bahwa pada tahun 2005 di Indonesia terdapat 2.179 tahanan anak dan 802 narapidana anak, 7 diantaranya anak perempuan. Tahun 2006 angkanya menjadi 4.130 tahanan anak serta 1.325 narapidana anak, dimana 34 diantaranya adalah anak perempuan. Menurut survey Komnas PA penyebab anak masuk LP Anak adalah 40% karena terlibat kasus Narkoba (Napza), 20% karena perjudian sedangkan sisanya karena kasus lain-lain. Kira-kira 20% tindak kekerasan seksual pada tahun 2006 pelakunya adalah anak remaja, 72% anak remaja pelaku kekerasan seksual mengaku terinspirasi Tayangan TV, setelah membaca media cetak porno dan nonton film porno. Laporan Komnas PA menyatakan bahwa 50-70% anak terlibat dalam tindak pidana kriminalitas lalu di vonis penjara dan masuk LP Anak justru perilakunya menjadi lebih jelek dan menjadi residivis dikemudian hari.
2.3.5    Masalah Narkoba, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya (Napza) serta dampaknya (Hepatitis C, HIV/AIDS, dll)
                        Narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya (Napza) tergolong dalam zat psikoaktif yang bekerja mempengaruhi kerja sistem penghantar sinyal saraf (neuro-transmiter) sel-sel susunan saraf pusat (otak) sehingga meyebabkan terganggunya fungsi kognitif (pikiran), persepsi, daya nilai (judgment) dan perilaku serta dapat menyebabakan efek ketergantungan, baik fisik maupun psikis. Penyalahgunaan Napza di Indonesia sekarang sudah merupakan ancaman yang serius bagi kehidupan bangsa dan negara. Pengungkapan kasusnya di Indonesia meningkat rata-rata 28,9 % per tahun. Tahun 2005 pabrik extasi terbesar ke 3 di dunia terbongkar di Tangerang, Banten. Di Indonesia diprediksi terdapat sekitar 1.365.000 penyalahgunaan Napza aktif dan data perkiraan estimasi terakhir menyebutkan bahwa pengguna Napza di Indonesia mencapai 5.000.000 jiwa. Mengikuti laju perkembangan kasus tersebut dijumpai pula peningkatan epidemi penyakit hati lever hepatitis tipe-c dan kasus HIV (Human Immunodeficiency Virus) AIDS (Acquired Immune-Deficiency Syndrome) yang modus penularan melalui penggunaan jarum yang tidak steril secara bergantian pada “pengguna Napza suntik (Penasus/injecting drug user/ IDU).
                        Pola epidemik HIV/AIDS di Indonesia tak jauh berbeda dengan negara-negara lain, pada fase awal penyebarannya melalui kelompok homoseksual, kemudian tersebar melalui perilaku seksual berisiko tinggi seperti pada pekerja seks komersial, namun beberapa tahun belakangan ini dijumpai kecenderungan peningkatan secara cepat penyebaran penyakit ini diantara para pengguna Napza suntik. Berbagai sember memperkirakan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Indonesia telah mencapai kurang lebih 120.000 orang dan sekitar 80% dari jumlah tersebut terinfeksi karena pengunaan jarum yang tidak steril secara bergantian pada para pengguna Napza suntik, jumlah penderita HIV/AIDS dari tahun 2000 sampai 2005 meningkat dengan cepat menjadi 4 kali lipat atau 40%. Data pada akhir tahun 2005 menyatakan bahwa prevalensi penularan HIV AIDS pada “penasun” adalah 80- 90% artinya , mencapai 90% dari total penasun dipastikan terinfeksi HIV/AIDS.
2.3.6    Gangguan Psikotik Dan Gangguan Jiwa Skizofrenia
                        Ganguan jiwa berat ini merupakan bentuk gangguan dalam fungsi alam pikiran berupa disorganisasi (kekacauan) dalam isi pikiran yang ditandai antara lain oleh gejala gangguan pemahaman (delusi waham) gangguan persepsi berupa halusinasi atau ilusi serta dijumpai daya nilai realitas yan terganggu yang ditunjukan dengan perilaku-perilaku aneh (bizzare). Gangguan ini dijumpai rata-rata 1-2% dari jumlah seluruh penduduk di suatu wilayah pada setiap waktu dan terbanyak mulai timbul (onset) nya pada usia 15-35 tahun. Bila angkanya 1 dari 1.000 penduduk saja yang menderita gangguan tersebut, di Indonesia bisa mencapai 200-250 ribu orang penderita dari jumlah tersebut bila 10% nya memerlukan rawat inap di rumah sakit jiwa berarti dibutuhkan setidaknya 20-25 ribu tempat tidur (hospital bed) Rumah sakit jiwa yang ada saat ini hanya cukup merawat penderita gangguan jiwa tidak lebih dari 8.000 orang. Jadi perlu dilakukan upaya diantaranya porgram intervensi dan terapi yang implentasinya bukan di rumah sakit tetapi dilingkungan masyarakat (community based psyciatric services) penambahan jumlah rumah sakit jwa bukan lagi merupakan prioritas utama karena paradigma saat ini adalah pengembangan program kesehatan jiwa masyarakat (deinstitutionalization). Terlebih saat ini telah banyak ditemukan obat-obatan psikofarmaka yang efektif yang mampu mengendalikan gejala ganggun penderitanya. Artinya dengan pemberian obat yang tepat dan memadai penderita gangguan jiwa berat cukup berobat jalan.
                        Sebenarnya kondisi di banyak negara berkembang termasuk Indonesia lebih menguntungkan dibandingkan negara maju, karena dukungan keluarga (primary support groups) yang diperlukan dalam penggobatan gangguan jiwa berat ini lebih baik dibandingkan di negara maju. Stigma terhadap gangguan jiwa berat ini tidak hanya menimbulkan konsekuensi negatif terhadap penderitanya tetapi bagi juga anggota keluarga, meliputi sikap-sikap penolakan, penyangkalan, disisihkan, dan diisolasi. Penderita gangguan jiwa mempunyai risiko tinggi terhadap pelanggaran hak asasi manusia.
2.3.7    Kasus Bunuh Diri
                        Data WHO menunjukkan bahwa rata-rata sekitar 800.000 orang di seluruh dunia melakukan tindakan bunuh diri setiap tahunnya. Laporan di India dan Sri Langka menunjukkan angka sebesar 11-37 per 100 ribu orang, mungkin di Indonesia angkanya tidak jauh dari itu. Menurut Dr. Benedetto Saraceno dari departemen kesehatan jiwa WHO, lebih dari 90% kasus bunuh diri berhubungan dengan masalah gangguan jiwa seperti depresi, psikotik dan akibat ketergantungan zat (Napza).
                        Yang mengkhawatirkan adalah dijumpainya pergeseran usia orang yang melakukan tindak bunuh diri. Kalau dahulu sangat jarang anak yang usianya kurang dari 12 tahun melakukan tindak bunuh diri, tetapi sekarang bunuh diri pada anak usia kurang dari 12 tahun semakin sering ditemukan. Ini menunjukkan kegagalan orang tua di rumah, guru di sekolah dan tokoh panutan di asyarakat membekali keterampilan hidup (life skill) untuk mengatasi tantangan maupun kesulitan hidupnya. Kasus bunuh diri sudah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius terutama bila dikaitkan dengan dampak kehidupan moderen. Oleh karena itu WHO memandang bunuh diri sebagai peyebab utama kematian dini yang dapat dicegah.
                        Kondisi lain yang perlu mendapat perhatian adalah altruistic suicide atau bunuh diri karena loyalitas berlebihan yang antara lain bentuk “bom bunuh diri”. Banyak ahli mengaitkan hal tersebut sebagi manifestasi dari akumulasi kekecewaan, perlakuan tidak adil atau tersisihkan. Mengatasi altruistic suicide tidak mudah dan memerlukan pendekatan multi disiplin antara berbagai pihak terkait seperti aspek kesehatan jiwa, pendekatan agama, penegakan hukum dan sosial.




2.4    Konseptual Model Keperawatan Kesehatan Jiwa
Ada 6 macam model keperawatan kesehatan jiwa, yaitu:
1.      Psikoanalisa
2.      Interpersonal
3.      Sosial
4.      Existensial
5.      Supportive therapy
6.      Medical
2.4.1  Model psikoanalisis (Freud, Ericson).
         Psikoanalisa sampai saat ini dianggap sebagai salah satu gerakan revolusioner dibidang psikologi. Hipotesis psikoanalisis menyatakan bahwa tingkah laku manusia sebagian besar ditentukan oleh motif-motif tak sadar, sehingga Freud dijuluki sebagai bapak penjelajah dan pembuat peta ketidaksadaran manusia.
Proses terapi :
1.        Asosiasi bebas.
          Pada teknik terapi ini, penderita didorong untuk membebaskan pikiran dan perasaan dan mengucapkan apa saja yang ada dalam pikirannnya tanpa penyuntingan atau penyensoran (Akinson, 1991). Pada teknik ini penderita disupport untuk bisa berada dalam kondisi relaks baik fisik maupun mental dengan cara tidur di sofa. Ketika penderita dinyatakan sudah berada dalam keadaan relaks maka pasien harus mengungkapkan hal yang dipikirkan pada saat itu secara verbal
2.        Analisa mimpi
          Terapi dilakukan dengan mengkaji mimpi-mimpi pasien, karena mimpi timbul akibat respon/memori bawah sadarnya. Mimpi umumnya timbul akibat permasalahan yang selama ini disimpan dalam alam bawah sadar yang selama ini ditutupi oleh pasien. Dengan mengkaji mimpi dan alam bawah sadar klien maka konflik dapat ditemukan dan diselesaikan.

2.4.2  Interpersonal Model (Sullivan, Peplau).
                          Gangguan jiwa bisa muncul karena adanya ancaman, ancaman menimbulkan kecemasan (anxiety). Ansietas timbul dan dialami seseorang akibat adanya konflik saat berhubungan dengan orang lain (interpersonal). Perasaan takut seseorang didasari adanya ketakutan ditolak atau tidak diterima oleh orang disekitarnya misalnya : unwanted child
                 Proses terapi:
Build Feeling Security
a.         Berupaya membangun rasa aman bagi klien
b.        Trusting relationship and interpersonal satisfaction
c.    Menjalin hubungan saling percaya dan membina kepuasan dalam bergaul dengan orang lain sehingga klien merasa berharga dan dihormati.

2.4.3   Social Model (Caplan, Szasz).
    Gangguan jiwa/penyimpangan perilaku karena banyaknya faktor sosial dan faktor lingkungan yang memicu munculnya stress pada seseorang. Akumulasi stressor yang ada dilingkungan (bising, macet, iklim sangat dingin/panas dll) akan mencetuskan stress pada individu. Stressor dari lingkungan diperparah oleh stressor dalam hubungan social (misalkan : anak nakal, atasan galak, istri cerewet dll).
Proses terapi:
Environment manipulation and social support: Modifikasi lingkungan dan adanya dukungan social misal: rumah harus bersih, teratur, harum, tidak bising, ventilasi cukup, penataan alat dan perabot yang teratur.

2.4.4   Existensial model (Ellis, Roger).
         Gangguan jiwa atau gangguan perilaku terjadi bila individu gagal menemukan jati dirinya dan tujuan hidupnya, individu tidak memiliki kebanggaan akan dirinya membenci diri sendiri dan mengalami gangguan dalam body imagenya. Seringkali individu merasa asing dan bingung dengan dirinya sendiri, sehingga pencarian makna kehidupannya (eksistensinya) menjadi kabur.
Proses terapi:
1.      Experience in relationship
Mengupayakan individu agar berpengalaman bergaul dengan orang lain, memahami riwayat hidup orang lain yang dianggap sukses atau dianggap bias menjadi panutan.
2.      Self assessment
Memperluas kesadaran diri dengan cara introspeksi
3.      Conducted in group
Bergaul dengan kelompok social dan kemanusiaan
4.      Encourage to accept self and control behavior
Mendorong untuk menerima jati dirinya sendiri dan menerima kritik atau feedback tentang perilakunya dari orang lain

2.4.5   Supportive therapy model (Wermon, Rockland).
         Gangguan jiwa disebabkan oleh factor biopsikososial dan respon maladaptive terhadap stressor saat ini. Manifestasi gangguan jiwa muncul akibat ketidakmampuan dalam beradaptasi pada masalah-masalah yang muncul saat ini dan tidak ada kaitannya dengan masa lalu. Ketidakmampuan beradaptasi dan menerima apapun hasilnya setelah berupaya maksimal, menyebabkan individu menjadi stress.
Proses terapi: Menguatkan respon koping adaptif individu diupayakan mengenal terlebih dahulu kekuatan dirinya dan kekuatan mana yang bias dipakai alternative pemecahan masalahnya.

2.4.6   Medical model (Meyer, Kraeplin)
Gangguan jiwa muncul akibat multifaktor yang kompleks meliputi: aspek fisik, genetik, lingkungan dan faktor sosial. Fokus penatalaksanaan harus lengkap meliputi pemeriksaan diagnostik, terapi somatic, farmakologik dan teknik interpersonal.






BAB III
PENUTUP


3.1        Kesimpulan
            Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi sehat emosional, psikologis, dan sosial yang terlihat dari hubungan interpersonal yang memuaskan, perilaku dan koping yang efektif, konsep diri yang positif, dan kestabilan emosional.
            Faktor yang menyebabkan gangguan jiwa juga dapat dipandang dalam tiga kategori, yaitu :
1.      Faktor individual: meliputi struktur biologis, ansietas, kekhawatiran dan ketakutan, ketidakharmonisan dalam hidup, dan kehilangan arti hidup (Seaward, 1997).
2.      Faktor interpersonal: meliputi komunikasi yang tidak efektif, ketergantungan yang berlebihan atau menarik diri dari hubungan, dan kehilangan kontrol emosional.
3.      Faktor budaya dan sosial: meliputi tidak ada penghasilan, kekerasan, tidak memiliki tempat tinggal, kemiskinan, dan diskriminasi seperti perbedaan ras, golongan, usia dan jenis kelamin.
            Berbagai kondisi psikososial yang menjadi indikator taraf kesehatan jiwa masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan karakteristik kehidupan di perkotaan (urban mental health) meliputi: kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kasus perceraian, anak remaja putus sekolah, kasus kriminalitas anak remaja, masalah anak jalanan, promiskuitas, penyalahgunaan Napza dan dampak nya (hepatitis C,HIV/AIDS dll), gelandangan psikotik serta kasus bunuh diri.
Ada 6 macam model keperawatan kesehatan jiwa, yaitu:
1.      Psikoanalisa
2.      Interpersonal
3.      Sosial
4.      Existensial
5.      Supportive therapy
6.      Medical



3.2        Saran
Berdasarkan hasil makalah yang telah diolah, maka penulis mempunyai beberapa saran yang diharapkan dapat dipertimbangkan dan berguna bagi kita semua, yaitu:
1.      Pengadaan klinik-klinik psikiatrik akan membantu mengatasi banyaknya masalah-masalah kesehatan jiwa masyarakat.
2.      Peran serta masyarakat akan sangat membantu dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan jiwa masyarakat.
3.      Diharapkan kesehatan jiwa healthy people 2010 dapat mengurangi masalah-masalah kesehatan jiwa yang dihadapi masyarakat.





DAFTAR PUSTAKA

Stuart, Gail Wiscarz. 1998. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 3. Jakarta; EGC
Videback, Sheila.L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta; EGC
-----------------------------------------------------------------

Mau yang versi Ms Office ???
Nih gue kasih ◄DOWNLOAD►
password rar : givoalfajri


JANGAN LUPA KOMENTAR YANG BERMANFAAT ..!!!
JANGAN ASAL SEDOT AJA...!!
HARGAI KARYA ORANG LAIN...!!

Starcraft Pointer
 
Web Design by : Givo-Alfajri ..!! ®