Robot Untuk Masa Depan

Robot yang merupakan impian dari manusia di masa lalu kini sudah bukan khayalan lagi. Dengan mengadopsi teknik-teknik yang digunakan oleh makhluk hidup dan menggabungkannya dengan IPTEK yang berkembang saat ini (kata kunci : prototype), manusia sudah mampu membuat robot. Walaupun robot yang diciptakan tidak sesempurna yang diimpikan, seperti robot yang mampu bertindak sesuai pikirannya sendiri, cyborg (robot yang terbuat dari mayat manusia), semua robot yang ada masih menuruti perintah "tuannya", layaknya seekor anjing yang sudah dilatih.

Sebenarnya robot pada awalnya bukan merupakan sebuah disiplin ilmu, melainkan berasal dari keinginan para ilmuwan Biologi dan pengarang cerita novel maupun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII. Para ilmuwan Biologi saat itu menginginkan untuk membuat sebuah makhluk hidup baru dengan karakteristik yang mereka inginkan. Akan tetapi hal tersebut tidak pernah terwujud dan hanya menjadi sebuah cerita fiksi yang berkembang saat itu.

Berterima kasihlah kepada Karel Capek yang mengangkat tema Robot ini di dalam sandiwaranya pada yahun 1920. Istilah Robot diambil dari bahasa Cekoslovakia yang berarti tenaga kerja. Dalam sandiwaranya Karel menceritakan tentang penciptaan manusia tiruan yang dijual kepada negara-negara yang sedang berperang. Dengan ganas mereka membantai pasukan musuh dan pada akhir cerita Robot ingin menguasai dunia dan berhasil membunuh semua umat manusia yang ada (cerita ini menjadi dasar bagi cerita Terminator). Selanjutnya sebutlah Isaac Asimov, seorang berkebangsaan Rusia yang mengarang cerita berjudul I,Robot (Runaround, 1942). Didalam cerita itu Isaac menuliskan tiga buah peraturan yang wajib dilaksanakan oleh setiap robot-robot positroniknya. Tiga buah peraturan itu adalah Robot tidak boleh melukain manusia atau membiarkan manusia celaka, Robot harus mematuhi perintah manusia kecuali yang bertentangan dengan peraturan pertama, dan Robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut robot tidak melanggar peraturan pertama dan kedua. Hukum-hukum itu dibuat dengan harapan tidak terjadi hal seperti yang disandiwarakan oleh Karel.

Sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh para insinyur teknik. Pada saat itu mereka hanya menggunakan keahlian mekanika saja dan membuat sebuah jam mekanika dengan membuat sebuah boneka mirip manusia yang bisa bergerak di bagian tubuhnya. Robot-robot cerdas mulai berkembang pada tahun 1950 dan pada tahun 1970 di Jepang mulai dilakukan disiplin ilmu mekanotrika (penggabungan mekanik dan elektronika) dalam pembuatan robot. Di Eropa ilmu terebut baru ada pada tahun 1980.

Lalu apakah robot tidak bisaseperti yang diharapkan? yaitu dapat berpikir dan melakukan pekerjaannya sendiri? Tidak juga! Kevin Warwick, guru besar Bidang Cybertic dari Inggris membuat proyek besar-besaran yang dimulai pada 1 Januari 2007 membuat robot pertama yang menggunakan otak biologis, sangat mirip dengan makhluk hidup. Robot yang dinamakan Gordon ini diharapkan mampu untuk mengerjakan segala sesuatu seperti yang dilakukan makhluk hidup lainnya dan sesuai dengan keinginan hatinya. Selain itu, dia juga diharapkan bisa mengingat apa yang diberikan oleh orang lain karena Grdon menggunakan otak biologis.

Perkembangan persaingan Robot sangat pesat terjadi pada tahun 2008. Dimana berbagai kompetisi Robot diadakan termasuk di Indonesia. Sementara di luar telah terjadi banyak sekali perubahan pada kompetis robot ini. di Jepang, sebagai negara Robot, membuat banyak sekali proyek yang bertemakan robot. contohnya saja Universitas Kitakyushu membuat robot yang mirip sekali dengan ikan dan dapat berenang juga di permukaan air. Benar-benar mirip ikan. Perusahaan game besar Sony membuat robot anjing yang benar-benar menyerupai anjing sungguhan. Perusahaan Honda juga membuat berbagai perubahan terhadap Ashimo nya, bahkan di tahun 2008 itu Ashimo memimpin sebuah pertunjukan orkestra. Bahkan di Belanda telah terjadi revolusi besar-besaran, yaitu adanya robot manusia yang teknik berjalannya tidak kaku lagi seperti robot yang lain, melainkan benar-benar seperti manusia.

Robot juga digunakan untuk keperluan-keperluan yang sangat membantu manusia. Di Jepang, robot digunakan sebagai pembantu rumah tangga, sekretaris kantor, bahkan ada juga sebuah rental penyimpanan sepeda yang menggunakan robot. Di New Zealand ada robot yang ngeband, dan bahkan sudah mengeluarkan single perdananya.

Mungkin tahun ini, atau 10 tahun mendatang telah dibuat robot yang benar-benar sangat canggih sekali. Mungkin impian fujiko fujio dapat tercapai pada abad 22 yaitu adanya Doraemon di dunia ini, semua itu sangat mungkin terjadi. Dan kita sebagai penerus IPTEK ini juga jangan melupakan tiga peraturan robot yang dibuat oleh Isaac Asimov sehingga ketika robot sudah sangat canggih dan tidak perlu instruksi khusus untuk melakukan kegiatan, mereka tidak akan menghancurkan umat manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Starcraft Pointer
 
Web Design by : Givo-Alfajri ..!! ®