Mourinho, Pelatih Bergaji Termahal Sedunia

Mourinho, Pelatih Bergaji Termahal Sedunia
The Special One digaji sangat tinggi di Real Madrid © AFP
 
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh situs futebolfinance.com mengungkapkan bahwa pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, adalah pelatih yang dibayar paling mahal di dunia, laporan Sportinformations.

Pelatih asal Portugal tersebut dikabarkan memiliki pendapatan sebesar 10 juta Euro (Rp120 miliar) per tahun. The Special One telah berhasil membawa FC Porto dan Inter Milan meraih gelar Liga Champion, serta menggiring Madrid menuju gelar juara Liga di musim kedua.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pelatih Barcelona, Pep Guardiola dan pelatih kawakan asal Belanda Guus Hiddink berada di posisi setelah Mourinho, dengan perolehan pendapatan 7,5 juta Euro (Rp90 miliar) per tahun.

Mourinho dan Guardiola diyakini akan menjadi target bos besar Chelsea, Roman Abramovich yang tengah mencari pengganti Andre Villas-Boas.

Sementara itu, pelatih Manchester City, Roberto Mancini diteliti sebagai pelatih termahal di Liga Premier, dengan bayaran enam juta Euro (Rp72 miliar) per tahun.

Mantan manager klub Chelsea yang kini melatih Paris St. Germain, Carlo Ancelotti berada di urutan ke lima. Sementara Sir Alex Ferguson, Kenny Dalglish, Arsene Wenger, dan Harry Redknapp berada di daftar sepuluh besar pelatih termahal.

Dengan mundurnya Fabio Capello dari manajer tim nasional Inggris, maka pelatih asal Swiss, Ottmar Hitzfeld menjadi pelatih timnas termahal di dunia. Menurut hasil penelitian, Ottmar Hitzfeld tercatat berpenghasilan sebesar 2,6 juta Euro (Rp31 miliar) per tahun.

Meskipun gajinya berada di urutan 'menguntungkan' ke-19 di dunia, klub kawakan Jerman tersebut gagal memimpin negara yang diadopsinya untuk melaju ke putaran final Euro 2012 pada musim panas nanti di Polandia dan Ukraina.

Pelatih juara Piala Dunia, Vicente Del Bosque berada di urutan ke-22 dalam daftar.

Berikut adalah sepuluh besar nama pelatih yang masuk dalam daftar dengan gaji termahal, menurut penelitian futebolfinance.com:
  1. Jose Mourinho (Real Madrid): 10 juta Euro (Rp120 miliar)
  2. Pep Guardiola (Barcelona): 7,5 juta Euro (Rp90 miliar)
  3. Guus Hiddink (Anzhi Makhachkala): 7,5 juta Euro (Rp90 miliar)
  4. Roberto Mancini (Manchester City): 6 juta Euro (Rp72 miliar)
  5. Carlo Ancelotti (Paris Saint-Germain): 5,9 juta Euro (Rp71 miliar)
  6. Jupp Heynckes (Bayern Munich): 5 juta Euro (Rp60 miliar)
  7. Sir Alex Ferguson (Manchester United): 4,8 juta Euro (Rp58 miliar)
  8. Kenny Dalglish (Liverpool): 4,8 juta Euro (Rp58 miliar)
  9. Arsene Wenger (Arsenal): 4,7 juta Euro (Rp56 miliar)
  10. Harry Redknapp (Tottenham Hotspur): 4,7 juta Euro (Rp56 miliar)
 (afp/row)

0 komentar:

Poskan Komentar

Starcraft Pointer
 
Web Design by : Givo-Alfajri ..!! ®